Demokrat Tegas Bebaskan Anies Pilih Cawapres, Jamin Tak Ada Titip Nama

Ade Rosman
1 Maret 2023, 15:25
Demokrat dukung Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan keterangan pers awal tahun 2023 terkait isu terkini dan sikap Partai Demokrat jelang Pemilu 2024 di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (12/1/2023).

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Benny K Harman menyatakan partainya membebaskan penentuan nama calon wakil presiden yang akan diusung saat pemilihan presiden 2024 pada mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sikap yang sama juga disampaikan oleh dua partai pendukung Anies lainnya yaitu Partai Nasional Demokrat atau Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera. 

"Parpol pendukung tidak akan menitipkan nama apalagi memaksakan capres Anies untuk pilih cawapres tertentu," kata Benny, Rabu (1/3).

Ia mengatakan, partai pengusung telah bersepakat menyerahkan keputusan terkait bakal cawapres pada Anies. Meski begitu,  Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS yang akan tergabung dalam Koalisi Perubahan turut menentukan beberapa kriteria calon pasangan  Anies.

"Parpol-parpol hanya tentukan syaratnya yakni bisa kerja sama dengan capres, elektabilitas tinggi, dan memiliki komitmen kerakyatan tinggi," kata Benny. 

Di  sisi lain, Benny mengatakan sebagai bahan pertimbangan partai pendukung bisa saja mengajukan nama alternatif. Namun, penentuan nama cawapres tetap akan menjadi keputusan Anies Baswedan sebagai calon presiden. 

Sebelumnya, usai mendapat dukungan PKS, Anies mengatakan akan melanjutkan pencarian sosok calon wakil presiden yang akan dipasangkan dengannya. Ia mengatakan pembicaraan cawapres terus dibicarakan dengan ketiga partai pendukung. Meski begitu, ia menyebut sebelum menentukan cawapres ia dan tim kecil masih konsolidasi ihwal nasih koalisi partai pendukung. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...