PPATK Duga Perantara Bantu Rafael Alun Sembunyikan Kekayaan dari LHKPN

Ade Rosman
2 Maret 2023, 12:57
Rafael Alun Trisambodo
ANTARA/HO-PPATK/pri.
Kepala PPATK Ivan Yustiavandana

Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana mencurigai adanya pihak yang terlibat dalam perkara laporan harta tak wajar mantan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo. Menurut Ivan ada pihak perantara atau nominee yang ikut serta. 

Advertisement

"Nominee untuk menyembunyikan harta kekayaan," kata Ivan, saat dihubungi, Rabu (1/3).

Ivan mengatakan, terdapat ketidaksesuaian antara harta yang dilaporkan oleh Rafael dengan profilnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) eselon III. Dalam laporannya Rafael hanya menjelaskan adanya harta dengan total Rp 56 Miliar. Di sisi lain Ivan mengatakan terdapat transaksi yang cukup janggal. 

"Transaksi signifikan tidak sesuai profil yang bersangkutan, dan menggunakan pihak-pihak yang patut diduga sebagai nominee/perantaranya," kata Ivan.

Berdasarkan temuan laporan, PPATK telah melaporkan hasil analisis terkait hal tersebut sejak 2012 lalu. Adapun, Rafael pada Rabu (1/3) diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk dimintai klarifikasi. 

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan, pada 2018 lalu Rafael sempat diperiksa untuk periode 2015-2018. Laporan dari pemeriksaan tersebut diterbitkan pada 23 Januari 2019. Ia mengatakan, KPK pada saat itu memiliki keterbatasan untuk menjangkau pemeriksaan terhadap muasal harta Rafael.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement