Anies Baswedan Janji Lanjutkan Proyek IKN Jika Menang Pilpres 2024

Ade Rosman
2 Maret 2023, 15:07
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.
Bakal Calon Presiden yang diusung Partai Demokrat Anies Baswedan (kiri) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) menyapa kader dan simpatisan saat akan menghadiri dialog gagasan Partai Demokrat di Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan melanjutkan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) jika terpilih menjadi presiden pada pemilihan presiden 2024 mendatang. Menurut Anies, proyek IKN harus dilanjutkan karena sudah menjadi amanat Undang-undang.

"IKN ini sudah menjadi Undang-undang, dan kita semua ketika dilantik untuk tugas apapun itu sumpahnya adalah melaksanakan Undang-undang," kata Anies saat dialog gagasan di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (2/3).

Advertisement

Meski menyatakan sikap untuk melanjutkan proyek IKN, namun Anies tak mau berkomentar dan memberikan pendapat terkait pemindahan ibu kota. Menurut Anies, persoalan pemindahan ibu kota sudah tidak lagi berada di tingkat gagasan tetapi sudah pelaksanaan. Ia tidak mau turut larut dalam pembicaraan pro maupun kontra terkait IKN.

"Ini berbeda kalau kami membahas ini dua tahun yang lalu. Pada saat itu masih gagasan," kata Anies.

Anies Baswedan merupakan bakal calon presiden yang mulanya diusung oleh partai Nasional Demokrat. Saat ini, ia telah mendapat dukungan dari dua partai lainnya yaitu Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera. Meski begitu ketiga partai belum secara resmi mengumumkan deklarasi Koalisi Perubahan sebagai bentuk dukungan bersama terhadap Anies Baswedan sebagai calon presiden. 

Dukungan dari PKS, Demokrat, dan Nasdem menjadi tiket bagi Anies untuk maju dalam pilpres 2024. Alasannya, suara ketiga partai pada pemilu 2019 lalu telah melebihi ambang batas atau presidential threshold 25 persen kursi DPR atau 20 persen suara sah pada pemilu 2019.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement