5 Gagasan Kebangsaan yang Diusung Anies dalam Kontestasi Pilpres 2024

Ade Rosman
2 Maret 2023, 20:10
Anies baswedan
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.
Bakal Calon Presiden yang diusung Partai Demokrat Anies Baswedan (kiri) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) menyapa kader dan simpatisan saat akan menghadiri dialog gagasan Partai Demokrat di Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan nenyampaikan lima gagasannya bagi Indonesia ke depan. Anies yang merupakan salah satu kandidat bakal calon presiden 2024 menyampaikan hal tersebut ketika berdialog di Kantor DPP Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (2/3).

Poin gagasan pertama yang disampaikan Anies berkaitan dengan demokrasi. Ia menyebut demokrasi merupakan tanggung jawab bersama.

Advertisement

"Demokrasi ini tak bisa taken for granted," kata Anies.

Dalam hal demokrasi, Anies berharap semua elemen mengambil peran. Ia mengatakan Mahkamah Konstitusi, partai politik serta masyarakat turut memelihara demokrasi.

Pada poin kedua, Anies menyoroti pertumbuhan ekonomi yang merata. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi yang berkualitas tidak ditentukan oleh angkanya saja, namun juga berdasarkan jangkauannya.

"Semakin merata pertumbuhan ekonomi, semakin berkualitas pertumbuhannya. Semakin tidak merata, maka semakin rendah pertumbuhan ekonomi kualitasnya," kata Anies.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement