BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat Diikuti Petir, Bagaimana di Jakarta?

Ira Guslina Sufa
8 Maret 2023, 07:44
BMKG Prakiraan cuaca
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/tom.
Sejumlah kendaraan menerobos jalan yang tergenang banjir di jalur Pantura, Desa Jati Wetan, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (2/3/2023).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mengingatkan masyarakat untuk waspada akan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Indonesia pada Rabu (8/3). Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan sejumlah wilayah berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. 

Beberapa daerah yang masuk dalam peringatan hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah Bali, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur, dan seluruh provinsi di Kalimantan. Peringatan juga ditujukan pada hampir seluruh daerah di sumatera, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Lampung, Maluku. Wilayah lain yang diperingatkan adalah 

Sebelumnya, BMKG menyampaikan bahwa sebagian wilayah di Indonesia akan mengalami musim kemarau pada April 2023.Dari total 699 zona musim di Indonesia, sebanyak 119 zona musim atau 17 persen diprediksi akan memasuki musim kemarau pada April 2023, meliputi di Nusa Tenggara, Bali, dan sebagian Jawa Timur.

"Awal musim kemarau 2023 masuk tidak bersamaan," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Ia mengemukakan musim kemarau tahun ini diawali dengan bertiup angin dari arah Benua Australia yang akan dimulai dari wilayah Nusa Tenggara dan Bali pada April 2023.

"Lalu disusul terjadi di wilayah Jawa, kemudian terjadi berkembang hampir di seluruh wilayah Indonesia pada periode Mei hingga Agustus 2023," kata Dwikorita.

Ia juga menyampaikan bahwa prakiraan musim kemarau berdasarkan hasil pemantauan BMKG yang menunjukkan adanya fenomena La Nina menuju netral pada periode Maret 2023.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...