Ganjar Pranowo dan Prabowo Dinilai Punya Potensi Berduet Saat Pilpres

Ira Guslina Sufa
10 Maret 2023, 06:44
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
Instagram Prabowo Subianto
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Pengamat Politik dari Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad mengatakan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto berpeluang diduetkan pada pemilihan presiden 2024. Kesimpulan itu disampaikan Saidiman menanggapi kebersamaan Presiden Joko Widodo, Prabowo dan Ganjar pada kunjungan kerja presiden ke Kebumen Jawa Tengah, Kamis (9/3). 

“Iya peluangnya terbuka (duet Ganjar-Prabowo), kalau misalnya lawannya Anies Baswedan. Koalisi pemerintahan melawan oposisi," kata Saidiman. 

Advertisement

Lebih jauh Saidiman memperkirakan dalam konstelasi pemilihan presiden atau pilpres Ganjar akan menempati posisi calon presiden dengan Prabowo sebagai calon wakil presiden. Sebagai capres dan cawapres, Ganjar dan Prabowo memiliki dukungan elektabilitas yang tinggi berdasar beberapa lembaga survei. 

Meski begitu, Saidiman mengatakan keputusan akhir pasangan capres tetap akan bergantung pada dinamika politik Tanah Air. Apalagi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang merupakan partai asal Ganjar hingga kini belum menetapkan pasangan capres dan cawapres yang akan diusung. 

Menurut Saidiman, sebagai partai pemenang pemilu 2019 PDIP memiliki tiket penuh untuk mencalonkan sendiri kandidat capres dan cawapres. Di sisi lain ia menilai Jokowi memiliki potensi besar memberi restu pada Ganjar dan Prabowo. Hal itu dikarenakan keduanya berada di lingkungan politik yang sama.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement