Pertamina Energi Gandeng Wijaya Karya Bangun Terminal LPG Tuban

Ira Guslina Sufa
10 Maret 2023, 08:13
Pertamina Energi
Istimewa
Terminal LPG Refrigerated Jawa Timur atau Terminal LPG Tuban

PT Pertamina Energy Terminal (PET) menandatangani perjanjian kerja sama dan kickoff meeting untuk proyek pembangunan Terminal LPG Refrigerated Jawa Timur atau Terminal LPG Tuban. Proyek kerja sama ini berupa Kerja Sama Operasi (KSO) yang melingkupi pembangunan terminal sisi darat, pipeline, dan jetty. 

VP Terminal Operation PET Heri Santika Permana mengatakan proyek ini merupakan salah satu langkah konkrit Pertamina meningkatkan ketersediaan dan ketahanan energi nasional. Dengan terminal LPG Tuban ini, Pertamina Energy Terminal akan mengelola rantai distribusi energi nasional yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan energi nasional. 

“Terminal LPG Refrigerated Tuban ini nantinya akan menjadi salah satu terminal energi besar yang melayani dan memenuhi 35% kebutuhan LPG nasional meliputi area Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Kalimantan, serta Sulawesi,” ujar Heri seperti dikutip dari keterangan resmi, Jumat (10/3). 

Terminal LPG Refrigerated Jawa Timur ditargetkan selesai pembangunan pada 2025. Sedangkan operasional diperkirakan bisa dimulai pada 2026. 

Pembangunan tahap II ini melanjutkan pembangunan terminal tahap I yang telah selesai pada Desember 2022 lalu. Pembangunan tahap I meliputi sarana fasilitas 2 tangki refrigerated berkapasitas masing masing 44.000 MT dan 2 tangki pressurized berkapasitas masing masing 2.500 MT.

“Kami berharap dengan proyek pembangunan Terminal LPG Tuban dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar,” ujar Heri lagi. 

Senada dengan Heri, SVP EPCC Division PT Wijaya Karya Tri Prabowo menambahkan dalam pengerjaannya, KSO selalu menjaga dan mengedepankan 4 poin penting. Poin utama yang diprioritaskan adalah nol kecelakaan, kualitas, waktu, dan pembiayaan. 

“Pastinya aspek safety akan terus diterapkan agar proyek tepat waktu, amanah, dan selalu utamakan keselamatan,” ujar Tri Prabowo. 

PET merupakan anak usaha PT Pertamina International Shipping (PIS), yang kini dipercaya untuk mengelola 6 terminal energi strategis. Adapun terminal di bawah kelolaan PET adalah Integrated Terminal Tanjung Uban, Terminal BBM Pulau Sambu, Terminal LPG Tanjung Sekong, Terminal BBM Kota Baru, Terminal BBM Baubau, dan Terminal LPG Tuban atau Terminal LPG Refrigerated Jawa Timur. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...