Kejagung Temukan Asal Dana yang Diterima Adik Menkominfo di Kasus BTS

Ade Rosman
15 Maret 2023, 18:06
Kejagung periksa Johnny G Plate
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Direktur Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung Kuntadi berbicara dalam konferensi pers terkait perkembangan kasus dugaan korupsi BTS di Gedung Puspenkum Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (13/3/2023).

Kejaksaan Agung hari ini memeriksa Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. Johnny diperiksa untuk perkara dugaan korupsi  kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kementerian Kominfo 2020-2022.

Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda tindak Pidana Khusus atau Jampidsus Kuntadi mengatakan pemeriksaan dilakukan selama 6 jam. Dalam pemeriksaan tim penyidik mengajukan 26 pertanyaan terkait pengadaan proyek. 

Advertisement

Salah satu pertanyaan berkaitan dengan adanya aliran dana senilai Rp 534 juta yang diterima adik Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G plate, Gregorius Alex Plate. Menurut Kuntadi dari pemeriksaan, tim penyidik mulai menemukan informasi dari mana dana yang diterima Alex Plate berasal. 

"Tapi yang jelas itu dana dari BAKTI," kata Kuntadi usai pemeriksaan Plate di Gedung Bundar, Jampidsus Kejagung, Rabu (15/3).

Johnny G Plate pada hari ini menjalani pemeriksaan kedua. Sebelumnya ia telah memberikan keterangan pada penyidik Kejagung pada Selasa (14/2) lalu. Meski telah mengantongi informasi awal soal aliran dana yang diterima adik Johnny Plate, Kuntadi mengatakan belum bisa mengungkapkan secara rinci. 

"Apakah terkait proyek ini atau tidak, yang kami tahu itu diambil dari anggaran BAKTI," kata Kuntadi. 

Kuntadi menyatakan, aliran dana yang berasal dari BAKTI tersebut tidak ada kaitannya dengan pekerjaan adik Plate. Dia menyebut ada kecenderungan dana yang diterima Alex berkaitan dengan jabatan yang diemban kakaknya. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement