17 Ribu ASN Bakal Dipindah ke IKN, Menpan RB Siapkan Segudang Insentif

Ira Guslina Sufa
16 Maret 2023, 10:29
IKN
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan), Kepala Otorita IKN Bambang Susantono (ketiga kanan), dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe (keempat kanan) meninjau hunian untuk para pekerja konstruksi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas tengah mematangkan pemindahan 16.990 ASN ke IKN. Para ASN yang akan dipindah berasal dari 35 kementerian dan lembaga, TNI, dan Polri. 

Menurut Azwar kementerian saat ini tengah menyiapkan berbagai kemudahan yang bisa didapat para ASN yang akan bertugas di IKN. Salah satu yang disusun adalah mekanisme pemberian insentif. 

Advertisement

"Pertimbangan kami justru bagaimana ada insentif di sana, termasuk yang kami pikirkan justru bagaimana teman-teman ASN ini pindah tapi tidak lagi kepikiran anaknya, sekolah anaknya," kata Azwar seperti dikutip dari Antara, Kamis (16/3). 

Azwar Anas menjelaskan saat ini Kementerian PUPR sudah menyiapkan rumah dinas bagi 16 ribu ASN dan petugas pertahanan keamanan. Dia optimistis sejauh ini tidak ada ASN yang menolak atau merasa keberatan dipindahtugaskan ke IKN. Bahkan, Azawr mengaku menerima surat dan sejumlah ASN muda agar ikut dipindah ke IKN. 

"Karena mereka tertarik di IKN. Justru lebih tenang, tidak ada kemacetan dan bahkan di sana digital, tempatnya sehat, oksigennya banyak,” ujar Azwar lagi. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement