Indonesia - Singapura Sepakati 3 Perjanjian Keamanan Termasuk Soal FIR

Andi M. Arief
16 Maret 2023, 16:56
Indonesia
ANTARA FOTO/Jojon/aww.
Pesawat tempur TNI AU Sukhoi 27/30 melakukan atraksi pada acara puncak Hari Nusantara di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Selasa (13/12/2022).

Pemerintah Indonesia dan Singapura menyepakati tiga perjanjian di bidang politik, hukum dan keamanan antara kedua negara. Adapun tiga kesepakatan itu meliputi Flight Information Region atau FIR, ekstradisi dan kerja sama pertahanan 

Ketiga kesepakatan tercapai dalam pertemuan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong pada pertemuan Leaders' Retreat yang berlangsung di Kantor Perdana Menteri, Singapura, Kamis (16/3). Presiden Jokowi mengatakan pertemuan hari ini jauh lebih maju dibanding pertemuan sebelumnya pada Januari 2022 di Bintang. 

Advertisement

"Untuk memperkuat implementasi ketiga perjanjian tersebut, saya dan PM Lee sepakat untuk segera melakukan beberapa hal,” ujar Jokowi dalam konferensi pers. 

Menurut Jokowi, banyak kemajuan semenjak pertemuan kedua pemimpin di Bintan pada Januari 2022. Investasi Singapura ke Indonesia meningkat lebih dari 40 persen, dan volume perdagangan naik 25 persen.

Pemerinta kedua negara kata Jokowi akan memperbaharui kerjasama  antar Kejaksaan. Selain itu MoU antar kepolisian untuk pemberantasan kejahatan lintas batas juga segera diselesaikan. 

“Serta membentuk 'Defense Cooperation Committee' dan membuat aturan teknis pelaksanaan terkait perjanjian FIR, pertahanan dan ekstradisi,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi juga menyambut baik reaktivasi patroli laut bersama dalam memperkuat keamanan maritim kedua negara. Juga penguatan kapasitas penanganan bencana khususnya upaya pencarian dan pertolongan. 

Sedangkan PM Lee mengatakan kedua negara telah melakukan diskusi panjang sebelum akhirnya sepakat untuk mencapai ketiga perjanjian tersebut. Ia pun menyampaikan apresiasia kepada pemerinta Indonesia. 

“Terima kasih kepada Presiden Jokowi dan para menterinya untuk kepemimpinan, dukungan dan kerja keras sehingga perjanjian tersebut dapat diratifikasi. Singapura menantikan kerja sama lanjutan dengan Indonesia dalam penerapannya," kata PM Lee.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement