Mahfud Pastikan Pemerintah Siap Adu Kuat Lawan Putusan Kasus Indosurya

Ira Guslina Sufa
20 Maret 2023, 15:13
Mahfud MD
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterangandi Kantor BNPB Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan atau Menkopolhukam Mahfud MD kembali menegaskan sikap pemerintah atas putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang memberi vonis lepas terhadap terdakwa kasus Indosurya. Mahfud mengatakan pemerintah serius menyiapkan perlawanan atas putusan itu. 

"Tangkap lagi sekarang," ujar Mahfud MD ketika menyampaikan paparan dalam Acara Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) dipantau di kanal YouTube PP IKAHI, Jakarta, Senin (20/3). 

Menurut Mahfud, dalam perkara Indosurya pemerintah memang berada di pihak yang melawan putusan hakim. Ia menyebut sikap pemerintah tidak dilarang oleh hukum karena perlawanan merupakan bagian dari hukum. 

Penanganan kasus Indosurya menurut Mahfud tidak bisa selesai hanya dengan perkara logika pasal-pasal saja. Dia menyebut kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana itu sudah diuji dengan sangat meyakinkan dari berbagai aset sebelum diajukan ke pengadilan. Akan tetapi, ternyata diputus dengan vonis lepas atau ontslag van rechtsvervolging.

"Sudah dianalisis, di mana, ya, ontslag-nya? Oke, nanti kami adu argumen. Yang kami katakan, Pemerintah akan melawan habis-habisan, kalau perlu, adu kuat," ucap Mahfud.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...