PKB Kalahkan Golkar Versi Survei SMRC, Muhaimin: Kami Bisa Juara Dua

Ira Guslina Sufa
20 Maret 2023, 14:45
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Wakil Ketua DPR yang juga Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar memberikan sambutan dalam peluncuran buku bertajuk Visioning Indonesia, di Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyambut gembira hasil survei yang dirilis lembaga  Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Dalam survei yang dilaksanakan 2-11 Maret 2023 itu PKB bisa menempati posisi ketiga mengalahkan Partai Golkar. 

Menurut Muhaimin hasil survei yang dirilis SMRC merupakan salah satu indikator bahwa kerja keras partai bisa berbuah kemenangan. Meski begitu ia mengingatkan pengurus partai untuk terus bekerja dalam mewujudkan kemenangan pada pemilu 2024 mendatang. 

Advertisement

"Survei itu salah satu indikator, yang lebih penting dari survei itu pembuktian. Jangan lena, jangan lalai, jangan terlalu cepat puas," kata Muhaimin, Senin (20/3). 

Muhaimin mengatakan hasil survei akan menjadi penyemangat bagi pengurus partai untuk lebih bekerja keras. Ia pun berharap para pengurus bisa membuktikan PKB mampu menjadi juara pada Pemilu 2024. Ia bahkan optimistis PKB bisa bertengger di juara dua nasional jika semangat dan kerja keras seluruh kader dan pengurus tetap bergelora.

"Kami sangat bangga, bersyukur; beberapa lembaga survei, terakhir SMRC, kenaikan PKB cukup signifikan dan ada beberapa lembaga survei yang menunjukkan tren elektabilitas kami menuju dua besar," tambah Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra itu.

Secara khusus, Muhaimin mengatakan PKB menargetkan bisa menang dengan perolehan minimal 30 persen di Jawa Timur. Saat ini, hasil survei internal PKB elektabilitas PKB di Jawa Timur sudah berada di posisi teratas dengan capaian 24 persen. PKB menjadi target khusus lantaran menjadi basis partai yang didukung oleh santri dan anggota Nahdlatul Ulama. 

"Untuk Jatim, kami juga sangat tinggi, tapi belum sampai target kami 30 persen di Jatim, sehingga kami bisa menentukan arah pembangunan Jatim ke depan," ujar Muhaimin. 

Tiga Partai Alami Kenaikan Suara 

Survei terbaru yang dirilis SMRC menunjukkan adanya pergeseran suara pemilih dalam menentukan partai politik. Peneliti SMRC Deni Irvani mengatakan bila pemilu dilakukan hari ini maka hanya ada tiga partai yang mengalami peningkatan suara dibanding pemilu 2019. 

Menurut Deni berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 1.061 responden yang tersebar di seluruh indonesia partai yang mendapat suara paling besar adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dengan suara 23,4 persen. Raihan ini mengalami kenaikan cukup signifikan dibanding pemilu 2019 saat PDIP hanya mengantongi 19,2 persen suara. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement