DPR Sepakat RUU PPRT jadi Inisitif Dewan, Mulai Bahas Substansi Isi

Ade Rosman
21 Maret 2023, 14:49
DPR sepakati RUU PPRT jadi inisiatif
ANTARA FOTO/ Prabanndaru Wahyuaji/wpa/aww.
Pengunjuk rasa yang tergabung dalam koalisi sipil untuk UU PPRT membawa lilin saat melakukan aksi di depan Gerbang DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Dewan Perwakilan Rakyat menyepakati Rancangan Undang-undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga atau RUU PPRT menjadi inisiatif DPR. Kesepakatan diambil dalam sidang paripurna DPR yang berlangsung Selasa (21/3).

Ketua DPR Puan Maharani menyatakan seluruh fraksi di DPR setuju dengan usulan pembahasan RUU PPRT. Materi dan substansi isi dalam Rancangan undang-undang akan mulai dibahas pada masa sidang IV ini. 

Advertisement

Menurut Puan disetujuinya RUU PPRT menjadi inisiatif DPR merupakan komitmen parlemen dalam memperjuangkan hak pekerja rumah tangga. Menurut dia seluruh fraksi di DPR sepakat pembahasan RUU mulai digulirkan. 

“Naskah akademik setelah ini akan dibahas bersama dan yang kami harapkan bagaimana nanti UU yang disahkan berkualitas dan tidak menuai polemik,” ujar Puan dalam konferensi pers usai Paripurna DPR. 

Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani mengatakan disetujuinya RUU PPRT menjadi inisiatif DPR merupakan hasil dari 19 tahun perjuangan maju mundur pembahasan. Anggota Fraksi PKS itu mengatakan keputusan tersebut  akan menjawab sejumlah pertanyaan dan keraguan PRT atas pengakuan dan perlindungan negara terhadap keberadaan mereka sebagai warga negara. 

 Hal senada juga disampaikan Anggota Baleg DPR RI, Luluk Nur Hamidah. Luluk mengatakan, RUU PPRT diharapkan akan segera mengakhiri berbagai macam bentuk diskriminasi dan juga kekerasan terhadap hampir 5 juta PRT di Indonesia. Ia juga menyebut, RUU PPRT nantinya dapat mengakhiri praktik perbudakan modern, bukan hanya bagi PRT di Tanah Air tapi juga untuk jutaan PRT migran di luar negeri. 

Harapan Pekerja Rumah Tangga

Keputusan dewan menjadikan RUU PPRT sebagai inisiatif DPR mendapat sambutan dari kelompok pekerja rumah tangga dan sejumlah aktivis yang hadir menyimak sidang paripurna secara langsung. Yuni Sri, Adiati dan sejumlah PRT lainnya tampak meluapkan kegembiraan dengan bertepuk tangan. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement