Megawati dan Jokowi Dinilai Jadi Penentu Poros Koalisi Pilpres 2024

Ade Rosman
22 Maret 2023, 07:00
Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri, Seskab Pramono Anung dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (18/3). Foto: Antara.
Antara
Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri, Seskab Pramono Anung dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (18/3). Foto: Antara.

 Lembaga survei Indo Barometer menilai Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo menjadi dua tokoh kunci pada pemilihan presiden 2024. Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari mengungkapkan, para petinggi partai politik saat ini tengah menunggu langkah yang akan diambil oleh kedua tokoh tersebut.

"Dua penentu koalisi final, Megawati dan Joko Widodo," kata Qodari saat memaparkan temuan survei Indo Barometer di kawasan, Senayan, Jakarta, Selasa (21/3).

Qodari berpandangan, jika Megawati belum mengambil keputusan maka susunan kekuatan partai-partai dalam kontestasi pemilihan calon presiden masih bisa berubah. Partai-partai masih menunggu langkah politik yang akan dilakukan Megawati.

Qodari mencontohkan, KIB saat ini tidak akan berani menarik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menjadi capres yang diusung. KIB masih berhati-hati karena tak mau pencalonan justru berbuntut pada terpecahnya basis pemilih jika ternyata Megawati mengusung calon lain.

"Kalau (KIB) berani, sudah dari kemarin-kemarin (narik Ganjar)," kata Qodari.

Hingga saat ini Megawati masih belum mengumumkan calon presiden yang akan diukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Meski begitu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam berbagai kesempatan menyatakan Megawati telah mengantongi nama yang akan diusung. Saat ini Presiden RI ke-5 itu masih mencari waktu yang tepat untuk mengumumkan capres pilian.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...