Golkar Buka Peluang Koalisi dengan Nasdem Dukung Anies di Pilpres 2024

Ira Guslina Sufa
28 Maret 2023, 14:50
Golkar
ANTARA FOTO/Reno Esnir/nym.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) disambut oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) saat bertemu di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (1/2/2023).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengungkap partainya bisa saja berkoalisi dengan Partai Nasional Demokrat dalam pemilihan presiden 2024 mendatang. Kemungkinan itu menurut Doli bisa terjadi setelah adanya pembicaraan empat mata antara Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh usai buka puasa bersama di Tower NasDem, Jakarta pada Sabtu (25/3) lalu.

“Ya, itu (pembicaraan empat mata) ada kemarin kan habis ketemuan di bawah naik ke atas," kata Doli seperti dikutip dari Antara, Selasa (28/3). 

Doli mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut, kedua ketua umum itu mendalami soal kemungkinan Partai Golkar bisa menjalin kerja sama dengan Partai NasDem. Pembicaraan merupakan lanjutan pertemuan antara Surya Paloh dan Airlangga di kantor DPP Golkar awal Februari lalu. 

Di sisi lain, Doli Kurnia tak menampik adanya arahan dari mantan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla agar Golkar bergabung dengan Koalisi Perubahan untuk mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden. Meski begitu, Doli menyebut semua masukan dan pandangan dari politikus senior Partai Golkar tersebut akan ditampung terlebih dahulu untuk dibahas secara resmi dalam rapat internal partai.

“Saya kira pasti ya, senior-senior itu kan mempunyai pandangan, saran, dan masukan," kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sebelumnya, Sabtu (25/3), sejumlah tokoh politik nasional hadir pada acara buka puasa yang diinisiasi Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Beberapa tokoh yang hadir di antaranya Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, hingga Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Rusli Effendi.

Hadir pula, politisi Golkar sekaligus mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Sekretaris Jenderal Aboe Bakar Alhabsyi. Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang telah diusung menjadi calon presiden oleh Partai Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat juga turut hadir.

Menurut Doli, pada pemilu dan pilpres 2024 mendatang Partai Golkar menginginkan kemenangan. Karena itu, Golkar akan membangun kerjasama dengan sebanyak mungkin partai politik untuk bergabung dalam koalisi.

“Kami juga sadar bahwa Golkar tidak bisa sendiri, terutama untuk pilpres. Makanya kita bagaimana mengumpulkan sebanyak-banyaknya energi untuk bisa menang," tutur Doli. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...