PDIP Klaim Telah Bicara dengan Jokowi Soal Sikap Tolak Timnas Israel

Ade Rosman
28 Maret 2023, 17:59
PDIP
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ketua Bidang Politik dan Keamanan PDI Perjuangan Puan Maharani (kanan) berbincang dengan Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto (kiri) saat Rapat Konsolidasi Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Selatan di Palembang, Jumat (3/3/2023).

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Bambang Wuryanto mengatakan partainya telah mengkomunikasi sikap beberapa kader partai yang menolak kedatangan tim nasional Israel dalam gelaran Piala Dunia U20 pada Presiden Joko Widodo. Jokowi merupakan presiden yang diusung oleh PDIP.

"Sudah ada komunikasi belum, Pak Sekjen atau kawan-kawan itu dengan Pak Jokowi, sesama kader? Yo pasti sudah. Kan gitu loh," kata Bambang kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (28/3).

Meski PDIP telah berkomunikasi dengan Jokowi, Bambang tidak mau berspekulasi terlalu jauh apakah penolakan tersebut sejalan dengan sikap Jokowi sebagai Presiden. Menurut dia, Presiden punya pertimbangan sendiri dalam menetapkan kebijakan negara. .

Sebelumnya, salah satu tokoh yang melakukan penolakan yaitu Gubernur Bali I Wayan Koster. Seperti diberitakan katadata.co.id sebelumnya, Koster pekan lalu mengirimkan surat ke Menpora untuk menolak Timnas Israel bermain di Bali. 

Ia beralasan sikap Indonesia tidak sejalan dengan Israel yang menjajah Palestina. Di sisi lain Koster menyebut PDIP hingga hari ini masih menjunjung sikap Soekarno yang menolak keberadaan Israel. Indonesia pun hingga hari ini tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Meski demikian, politisi PDI Perjuangan itu enggan menjelaskan secara gamblang sikapnya. Saat ditemui awak media di Gedung DPR, Koster irit bicara dan hanya menjelaskan sikapnya tersebut bukan saja sikap daerah.

Sebelumnya FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U20 di Bali pada Sabtu pagi (25/3), meski belum memberikan surat resmi kepada PSSI. Acara drawing ini untuk mengundi grup para peserta Piala Dunia U20. 

 Acara Drawing awalnya direncanakan berlangsung di Bali pada 31 Maret. Namun penolakan untuk menerima timnas Israel yang dilontarkan oleh Gubernur Bali serta Pemerintah Provinsi Bali berujung pada pembatalan acara ini.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...