Pembatalan Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U20 Dinilai Untungkan PDIP

Ira Guslina Sufa
30 Maret 2023, 09:46
PDIP
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) dan Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat (kiri) di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (23/2/2023).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menjadi sorotan publik usai keluarnya keputusan federasi sepakbola dunia atau FIFA yang membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U20 di Indonesia. Di media sosial PDIP ramai dikritik lantaran dianggap menjadi salah satu penyebab keluarnya putusan FIFA. 

Pada Rabu (29/3) malam, FIFA mengumumkan secara resmi menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20. Keputusan itu keluar setelah FIFA mencermati perkembangan situasi politik di Tanah Air. Salah satunya adalah menguatnya penolakan atas kehadiran tim nasional Israel. 

Penolakan di antaranya datang dari PDIP dan kepala daerah yang berasal dari PDIP yaitu Gubernur Bali I Wayan Koster dan Ganjar Pranowo. Dalam penjelasan resmi, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan kehadiran timnas Israel bertentangan dengan sikap politik Indonesia yang menolak segala bentuk penjajahan.

Selain itu hingga kini Indonesia merupakan satu di antara 30 negara yang belum mengakui keberadaan Israel. Hasto menyinggung sikap para pendiri bangsa yang sejak awal berdirinya Indonesia menolak Israel. 

Batalnya Indonesia menjadi tuan rumah membuat warganet menumpahkan kekesalan di akun media sosial Ganjar dan Wayan Koster. Hingga pukul 10.30 WIB pagi ini Unggahan terakhir di akun media sosial Ganjar yang diunggah Rabu (29/3) malam telah mendapat 232 ribu komentar. Mayoritas menyalahkan Ganjar atas putusan FIFA. 

Begitu pula akun media sosial Wayan Koster dan PDIP. Sejumlah komentar negatif  juga dilontarkan oleh pemain sepak bola Indonesia seperti Erlangga Setyo dan naldo Kwateh, pemain sepak bola Indonesia yang saat ini bertanding untuk klub asal Turki, Bodrumspor. 

Efek Elektabilitas PDIP 

Banyaknya komentar negatif yang muncul terhadap politikus PDIP rupanya dinilai tak terlalu berpengaruh signifikan terhadap suara partai. Dosen Politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin menilai batalnya Indonesia menjadi tuan rumah justru menguntungkan PDIP. Ia menyebut keputusan FIFA justru menunjukkan kemenangan PDIP dalam memperjuangkan nilai dan ideologi partai. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...