Batal Jadi Tuan Rumah, Anggaran Piala Dunia U20 Capai Rp 1 Triliun

Ira Guslina Sufa
30 Maret 2023, 11:21
Piala Dunia U20
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Pengendara melintas di depan pintu utama stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) yang diperuntukkan untuk venue Piala Dunia U-20 2023 di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (30/3/2023).

 Indonesia resmi batal menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U20. Kepastian ini diperoleh setelah Federasi Sepakbola Dunia atau FIFA mengumumkan penghapusan Indonesia sebagai tuan rumah pada Rabu (29/3) malam. 

 “FIFA telah memutuskan karena keadaan saat ini untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U20 World Cup 2023. Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah,” tulis rilis FIFA. 

Advertisement

Keputusan itu disampaikan usai pertemuan Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Doha, Qatar, Rabu (29/3) malam WIB. Di sisi lain, Federasi sepak bola dunia itu mengindikasikan sanksi kepada PSSI usai batal menyelenggarakan Piala Dunia U20. Adapun potensi sanksi terhadap PSSI diputuskan pada tahap selanjutnya.

Bagi Indonesia, pembatalan jadi penyelenggara Piala Dunia U20 memupus harapan yang telah dibangun sejak ditunjuk menjadi tuan rumah pada 2019. Di sisi lain pemerintah telah mengeluarkan anggaran yang tak sedikit untuk mempersiapkan diri.

Berapa anggaran yang dihabiskan untuk persiapan Piala Dunia U20?  

Sejak adanya kepastian Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20, pemerintah mulai melakukan persiapan. Meski belum ada informasi resmi dari pemerintah berapa total anggaran persiapan Piala Dunia U20 yang dihabiskan namun dalam sejumlah pernyataan pemerintah tercatat telah menghabiskan anggaran hingga Rp 1 triliun. 

Pada 2020 Yoyok Sukawi yang saat itu menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI menyampaikan bahwa Kementerian Pemuda dan Olahraga meminta kucuran dana Rp 400 miliar untuk persiapan penyelenggaraan. Dana tersebut digunakan untuk persiapan tim nasional U20 dan untuk penyelenggaraan acara. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement