Jokowi Bertemu Parpol Pendukung: Nasdem Tak Diundang, PDIP Tak Datang

Ira Guslina Sufa
2 April 2023, 14:58
Jokowi
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (kanan) menghadiri acara Silaturahmi Ramadhan 1444 H DPP PAN di Kantor DPP PAN, Jakarta, Minggu (2/4/2023).

Presiden Joko Widodo hari ini bertemu dengan pimpinan partai politik pendukung pemerintahan. Pertemuan dibungkus dalam acara Silaturahmi Ramadan bersama Presiden RI yang berlangsung di Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional, Minggu (2/4). 

Dalam sambutannya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai tuan rumah mengatakan bahwa silaturahmi merupakan bentuk komitmen partai-partai dalam mensukseskan pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin. Ia menyebut partai pendukung masih solid.  

Advertisement

“Kami ingin menguatkan kembali komitmen kebangsaan,” ujar Zulkifli dalam sambutannya seperti dikutip dari tayangan PAN TV. 

Silaturahmi antara Presiden dengan pimpinan partai pendukung pemerintah berlangsung di tengah mengemukanya rencana Jokowi melakukan perombakan atau reshuffle kabinet. Saat kunjungan kerja di Sulawesi Selatan pekan lalu, Jokowi menyebut reshuffle akan dilakukan dalam waktu dekat. Reshuffle diperlukan untuk mengisi posisi Menteri Pemuda dan Olahraga yang ditinggal Zainudin Amali yang mundur setelah terpilih jadi wakil ketua umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia. 

Presiden Joko Widodo tiba di kantor DPP PAN sekitar pukul 11.30 WIB. Para Ketua Umum partai pendukung pemerintah juga terlihat hadir di antaranya Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangun Mardiono, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar. 

Adapun Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh tidak hadir. Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto memastikan Megawati tidak dapat hadir karena sedang berada di luar negeri untuk agenda lain. 

"Bu Mega lagi di luar negeri. Saya nggak tahu diwakili atau enggak karena ini pertemuan setingkat ketua umum parpol," kata Yandri di Kantor DPP PAN, Jakarta, Minggu.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement