Golkar Nilai PDIP Tak Tunjukkan Keseriusan Gabung Koalisi Besar

Ade Rosman
18 April 2023, 06:20
PDIP koalisi Golkar
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga HartartoÊ(kiri) dan Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih Ridwan Kamil (kanan) menghadiri acara Kuliah Umum Partai Golkar di Golkar Institute, Jakarta, Senin (13/3/2023).

Partai Golkar menilai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan belum memiliki keinginan serius untuk bergabung dalam koalisi besar untuk menghadapi pemilihan presiden 2024. Juru bicara Partai Golkar Tantowi Yahya mengatakan sejauh ini PDIP belum melakukan aksi konkrit untuk bergabung dalam koalisi yang terdiri dari partai pendukung Presiden Joko Widodo tersebut. 

"Sepertinya belum ada ya (kabar dari PDIP)," kata Tantowi saat dihubungi, Senin (17/4).

Tantowi mengatakan sejak adanya kesamaan lima ketua umum partai untuk membentuk koalisi besar, PDIP belum melakukan komunikasi politik. Lima partai yang telah menyatakan tergabung dalam koalisi besar adalah Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan  dan Partai Amanat Nasional yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu dan Partai Gerindra serta Partai Kebangkitan Bangsa yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Raya, 

Di sisi lain Tantowi mengatakan meski PDIP belum menyatakan bergabung namun Golkar terbuka untuk kehadiran anggota baru. Meski begitu ia menyebut partai manapun yang bergabung dalam koalisi besar harus memiliki pondasi dan semangat perjuangan yang sama, 

"Kami selalu mengatakan Koalisi besar yang digagas oleh Pak Airlangga Hartarto adalah rumah besar yang pintunya selalu terbuka bagi siapapun yang ingin masuk," kata Airlangga. 

Wacana koalisi besar muncul usai Presiden Joko Widodo bertemu dengan Golkar, Gerindra, PKB, PAN, dan PPP di kantor DPP PAN pada Minggu (2/4) lalu. Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengungkapkan terdapat kecocokan bila para parpol itu bersatu.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...