Moeldoko Pastikan TNI - Polri Tindak Tegas Kelompok Separatis di Papua

Ira Guslina Sufa
27 April 2023, 19:17
Moeldoko
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kanan) bersama Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo (kiri) di Jakarta, Kamis (22/12/2022).

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan TNI dan Polri akan mengambil langkah lebih tegas terhadap kelompok separatis di Papua. Sikap tegas terutama akan ditegakkan di tiga kabupaten yang dinilai masuk zona merah separatis yaitu Kabupaten Nduga, Intan Jaya, dan Puncak.

"TNI, Polri akan mengambil langkah-langkah yang lebih tegas demi apa? Demi melindungi masyarakat, demi melindungi bangsa dan negara," tegas Moeldoko dalam tayangan video yang dikutip di Jakarta, Kamis (27/4). 

Moeldoko mengatakan kelompok separatis di Papua telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang luar biasa pada masyarakat sipil. Tindakan kekerasan juga dilakukan pada perempuan dan anak-anak dengan bentuk pembunuhan dan pemerkosaan.

Ia menjelaskan, cara kerja jaringan separatis Papua adalah melakukan teror untuk memunculkan rasa takut di tengah masyarakat. Dengan begitu masyarakat dinilai akan berada dalam pengaruh gerakan separatis.  

Untuk mengurangi rasa takut masyarakat pemerintah kata Moeldoko telah menggesa berbagai pembangunan. Hal itu untuk mengurangi pengaruh kelompok separatis. 

Menurut Moeldoko dari analisis yang dilakukan, pemerintah meyakini pihak separatis berharap tindakan kekerasan akan membuat pemerintah menghentikan pembangunan. Namun, dia memastikan bahwa Presiden sudah menegaskan apapun situasinya pembangunan di Papua tetap berlanjut.

"Untuk itu, sekali lagi saya ingatkan, TNI, Polri akan mengambil langkah yang lebih tegas, khususnya terhadap tiga kabupaten yang kita lihat perkembangannya semakin tidak baik," ujar Moeldoko. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...