Menlu Retno Ungkap Dua Tema Utama yang Bakal Dibahas Selama KTT ASEAN

Andi M. Arief
27 April 2023, 21:40
Menlu Retno
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan press briefing Triwulan Pertama Keketuan ASEAN 2023 di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan telah mempersiapkan isu-isu yang akan dibahas pada Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-42. Menurut Retno isu-isu yang akan ditindaklanjuti serupa dengan pelaksanaan KTT G20 Indonesia 2022.

Retno menjelaskan pemerintah akan mensosialisasikan hasil-hasil pertemuan selama KTT ASEAN ke-42 berlangsung. Dia menekankan KTT ke-42 akan fokus pada dua tema utama, yakni Asian Matters dan Epicentrum of Growth.

"Sama persis dengan pendekatan KTT G20. Membahas visi iya, tapi juga membumikan semua yang dibahas supaya masyarakat paham," kata Retno di Kantor Presiden, Kamis (27/4).

Retno menjelaskan tema Asean Matters akan membahas isu-isu internal Asean untuk menjadikan Asean lebih kokoh. Salah satu hal yang dibahas adalah peta jalan keanggotaan penuh Timor Leste di Asean.

Pada tema Epicentrum of Growth, Retno mencatat setidaknya akan ada lima topik yang dibahas. Isu itu meliputi inisiatif One Health, penggunaan mata uang lokal dalam transaksi di Asean, pengembangan ekosistem kendaraan listrik, jejaring desa, dan pengembangan industri makanan.

Retno menyampaikan KTT ASEAN umumnya diadakan dua kali selama setahun. Biasanya, KTT ASEAN pertama diselenggarakan pada Mei dan KTT Kedua pada November.

KTT Asean ke-42 akan digelar pada 10-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Retno menyampaikan semua kemungkinan telah dipersiapkan pemerintah terkait penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 pada bulan depan.

"Bukan hanya dihitung dalam situasi normal. Semua situasi kami hitung kemungkinannya," kata Retno.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...