Erick Susun 2 Skema Konsolidasi BUMN Karya, Libatkan PPA dan Danareksa

Patricia Yashinta Desy Abigail
4 Mei 2023, 04:46
Erick Thohir
Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan pandangan pada petinggi perusahaan di lingkungan Kementerian BUMN pada Rabu (11/1/2023) malam, di Jakarta.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mempersiapkan kajian konsolidasi perusahaan sektor karya dan infrastruktur. Ia mengatakan akan membuat konsolidasi dua segmen yaitu perusahaan karya dengan skala kecil dan perusahaan karya dengan skala jumbo.

Erick memastikan konsolidasi BUMN Karya bakal tercapai. Nantinya perusahaan BUMN skala kecil diberikan kepada PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) dan Danareksa. Adapun perusahaan karya dengan skala besar yaitu PT PP Tbk (PTPP), Waskita Karya Tbk (WSKT), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), Hutama Karya (HK), dan PT Adhi Karya Tbk (ADHI) masih dikaji.

"Ini belum jadi keputusan, tapi framework yang di PPA dan Danareksa perusahaan kecil akan merger," katanya kepada wartawan, Rabu (3/5).

Selanjutnya ada skema konsolidasi Waskita Karya dan Hutama Karya, serta PTPP dan WIKA. Erick mengatakan skemanya bisa berupa suntikan dana, namun hal ini masih sedang dalam kajian juga.

"Konsolidasi akan kami coba Waskita dengan HK, PTPP dan WIKA. Contoh modelnya Bank Mandiri dengan BSI (bank syariah) di bawahnya merger, tapi keputusan belum terjadi ya," kata Erick.

Dirinya mengatakan BUMN akan berhati-hati untuk proses konsolidasi agar tidak mengecewakan. Bahkan BUMN akan menganalisis arus kas perusahaan-perusahaan tersebut. 

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...