Laba PLN Naik 9,3% Jadi Rp 14,4 T, Ditopang Kenaikan Penjualan Listrik

Ira Guslina Sufa
4 Mei 2023, 05:27
PLN bukukan Laba Rp 14,4 trilliun pada 2022
Dok PLN
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo

PT PLN (Persero) membukukan kinerja positif pada tahun buku 2022. Berdasarkan laporan keuangan yang sudah diaudit perusahaan setrum milik negara itu meraup laba bersih Rp 14,4 triliun. Kenaikan laba mencapai 9,3% dibandingkan pencapaian 2021 yang tercatat Rp 13,17 triliun. 

Perolehan laba ini lebih tinggi 124% dibandingkan target yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 6,4 triliun. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan PLN mampu melewati masa sulit akibat dampak pandemi Covid 19.  Selain itu PLN juga dinilai mampu menghadapi tekanan ekonomi global dan fluktuasi nilai rupiah yang terjadi selama 2022 dengan baik. 

“Capaian ini bukan sekadar angka. Di balik itu semua, ada kerja keras, dedikasi, dan loyalitas seluruh insan PLN yang melakukan transformasi dengan fondasi digitalisasi,” ujar Darmawan dalam keterangan resmi, Rabu (3/5).

Menurut Darmawan dalam transformasi PLN telah mengubah sistem pelayanan pelanggan yang sebelumnya lambat, tidak responsif menjadi cepat. Perusahaan juga menata seluruh proses bisnis dan mengubah kultur organisasi dari bureaucratic like menjadi business like. 

Lebih jauh ia mengatakan PLN juga mendapat sentimen baik dari adanya perbaikan kebijakan pemerintah dalam hal investasi. Hal ini mendorong peningkatan daya beli masyarakat sehingga konsumsi listri lebih meningkat.

Salah satu indikator yang mendorong peningkatan laba PLN selama 2022 adalah meningkatnya penjualan listrik sebesar 6,3% dari 257,6 Terrawatt hour (TWh) pada 2021 menjadi 273,8 TWh pada 2022. Hal ini berdampak pada meningkatnya pendapatan penjualan tenaga listrik 7,7% dari Rp 288,9 triliun pada 2021, menjadi Rp 311,1 triliun pada 2022.

Darmawan mengatakan, selama 2022 PLN juga berfokus pada efisiensi melalui transformasi digital secara end to end. Mulai dari digitalisasi sistem pembangkit, transmisi, distribusi, pengadaan, pengendalian sistem keuangan, hingga sistem monitoring aset, hasilnya proses bisnis lebih efektif dan tepat sasaran.

“Sebagai jantungnya perekonomian Indonesia, PLN berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerjanya demi menghadirkan listrik andal, terjangkau, dan berkelanjutan,” ujar Darmawan. 

Buah dari capaian yang ditorehkan, pada 2022 PLN mendapat pengakuan dari para stakeholder dengan meraih lebih dari 300 penghargaan. Selain itu PLN juga mengakselerasi transisi energi untuk mencapai kemandirian dan kedaulatan energi nasional. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...