Survei LSI: Kepuasan Kinerja Jokowi Capai 82%, Terendah Isu Ekonomi

Ade Rosman
4 Mei 2023, 10:35
Survei kepuasaan jokowi
Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi berbelanja di salah satu toko di pusat perbelanjaan Kota Kasablanka (Kokas) Jakarta pada Kamis (12/1/2023)

Temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada periode April 2023 menunjukkan tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo mencapai angka 82%. Angka tersebut merupakan capaian tertinggi yang didapat selama Jokowi menjabat sebagai presiden.

“Jadi nampaknya ini dalam data LSI adalah capaian tertinggi kinerja presiden. Penilaian positif tertingggi kinerja presiden dari masyarakat,” kata Direktur LSI Djayadi Hanan dalam pemaparannya, di kanal YouTube LSI, Rabu (3/5).

Sebanyak 82% responden yang menilai positif kinerja presiden tersebut bisa dirincikan terdiri dari 12,3% yang mengaku sangat puas dan 69,3% yang menyatakan cukup puas. Sedangkan yang merasa kurang puas terhadap kinerja Jokowi berada di angka 15,9% dan 1,6% lainnya mengaku tidak pusan sama sekali. Adapun responden yang tidak menjawab sebanyak 0,5%.

Menurut Djayadi, kepuasan terhadap kinerja Jokowi trennya menguat sejak enam hingga tujuh bulan terakhir, yaitu pada September 2022 hingga April 2023. Ia pun mengatakan, tingkat kepuasan yang tinggi terhadap kinerja presiden berkaitan dengan penilaian tinggi masyarakat terhadap kondisi-kondisi umum, termasuk ekonomi.

“Biasanya yang paling jelas bisa memperlihatkan hubungan antara tingkat kepuasan kepada presiden itu adalah tingkat inflasi,” katanya.

Djayadi menjelaskan, pola dari penilaian masyarakat yaitu jika angka inflasi turun, maka tingkat kepuasan tinggi. Sebaliknya, jika angka inflasi tinggi, tingkat kepuasan rendah. Dalam paparannya, Djayadi menunjukkan menurut data Bank Indonesia (BI) tingkat inflasi cenderung menurun selama lima hingga enam bulan terakhir.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...