Ikatan Pedagang Pasar Sodorkan 3 Kriteria Capres Pilihan, Ini Poinnya

Ira Guslina Sufa
5 Mei 2023, 20:16
tiga capres terkuat 2024 pilihan pedagang pasar
Katadata
tiga capres terkuat 2024

Sekretaris Jenderal Ikatan Pedagang Pasar Indonesia Reynaldi Sarijowan membeberkan tiga kriteria bakal calon presiden dan calon wakil presiden yang akan didukung oleh pedagang pasar tradisional se-Indonesia. Menurut dia kriteria ini menjadi syarat mutlak bila para kandidat ingin meraup suara para pedagang pasar se-Indonesia. 

Reynaldi menjelaskan pada kategori pertama, pedagang akan melihat kedekatan para kandidat dengan pasar. Kedekatan itu menurut dia bisa tercermin dengan seberapa sering para tokoh datang berkunjung ke pasar tradisional. 

Advertisement

Menurut Reynaldi dengan sering berkunjung para kandidat menunjukkan perhatian pada persoalan harga bahan pokok di masyarakat. Hal itu seperti yang sering dilakukan oleh Presiden Joko Widodo yang akan berakhir masa jabatannya pada 2024 mendatang. 

"Kami tahu bahwa Presiden Jokowi merupakan presiden yang sering berkunjung ke pasar dan yang mendapatkan dukungan pedagang pasar," ujar Reynaldi, Jumat (5/5). 

Kriteria kedua, kata Reynaldi, adalah capres-cawapres yang banyak memberikan solusi atas persoalan pasar tradisional. Solusi menurut dia tercermin dari regulasi yang dirumuskan dalam undang-undang perlindungan untuk menjamin eksistensi pasar tradisional. 

Adapun kriteria ketiga adalah capres-cawapres yang dapat melindungi pedagang pasar melalui permodalan dan pelatihan sumber daya manusia. Tujuannya agar pedagang pasar tradisional mampu bersaing dengan banjirnya e-commerce dan gempuran retail modern.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement