Buka IMT - GT Summit, Jokowi Sorot Peran Kolaborasi Ekonomi Kawasan

Ira Guslina Sufa
11 Mei 2023, 11:26
Jokowi
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp.
Presiden Indonesia Joko Widodo memberikan paparan saat retreat session Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Kamis (11/5/2023). POOL/

Presiden Joko Widodo menyorot pentingnya kerja sama untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, Malaysia dan Thailand. Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka KTT KE-15 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) yang dilaksanakan berbarengan dengan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Kamis (11/5). 

Menurut Jokowi kerja sama segitiga emas antara Indonesia, Malaysia dan Thailand terbukti telah mendorong pertumbuhan ekonomi di tiga negara. Jokowi bahkan menyebut IMT-GT terbukti membuat tiga negara bisa menghadapi krisis global akibat pandemi yang berlangsung. 

“Saya senang meskipun dilanda krisis global, volume perdagangan IMT-GT berhasil capai US$ 618 miliar di tahun 2021,” ujar Jokowi. 

Presiden berharap pada masa mendatang, IMT-GT semakin mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Menurut Jokowi negara di ASEAN termasuk yang tergabung dalam IMT-GT akan menghadapi tantangan yang semakin tidak mudah di waktu mendatang. 

“Ketidakpastian masih tinggi. Rivalitas masih tajam. Dan efek domino goncangan ekonomi global masih terus mengancam,” ujar Jokowi.

Ia mengimbau negara-negara anggota lebih mengobarkan semangat kolaborasi untuk meningkatkan daya saing, konektivitas, pariwisata dan investasi. Ia yakin dengan kerjasama negara IMT-GT bisa mewujudkan visi menjadi segitiga emas pertumbuhan kawasan pada 2036 mendatang. 

IMT-GT merupakan upaya awal liberalisasi dan integrasi ekonomi di ASEAN yang berdiri sejak 1993. Setelah 30 tahun berdiri IMT-GT kini menjadi rumah besar bagi 83 juta penduduk di kawasan yang terdiri dari 14 provinsi di bagian selatan Thailand, 8 negara bagian di semenanjung Malaysia dan 10 provinsi Indonesia yang terletak di pulau Sumatra,

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...