Survei Indikator: 4 Cawapres jadi Favorit di DKI, Ridwan Kamil Teratas

Andi M. Arief
12 Mei 2023, 12:33
Ridwan Kamil Cawapres
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan pemaparan saat menghadiri Forum Investasi Jawa Barat di Bandung, Jawa Barat, Selasa (28/2/2023).

Survei terbaru yang dirilis lembaga Indikator Politik Indonesia menemukan empat nama calon wakil presiden yang menjadi favorit warga DKI Jakarta. Mayoritas dari empat nama tersebut telah terafiliasi dengan partai politik. 

Nama yang dimaksud adalah Ridwan Kamil, Sandiaga S Uno, Agus H Yudhoyono, dan Erick Thohir. Keempat nama tersebut mendapatkan lebih dari 10 persen suara masyarakat Ibu Kota dalam survei Indikator.

Advertisement

"Ridwan Kamil unggul, tetapi keunggulannya terlalu jauh bedanya dengan Sandi," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtad  saat memaparkan hasil survei secara virtual seperti dikutip, Jumat (12/5).

Berdasarkan survei yang dilakukan secara terbuka Ridwan Kamil dianggap paling pantas sebagai calon wakil presiden atau sebanyak 21,5 persen. Kemudian, Sandiaga Uno sebanyak 15,4 persen, AHY 12,7 persen, dan Erick Thohir 11,4 persen. Sementara nama lain lebih rendah atau kurang dari 5 persen.

Indikator melakukan simulasi popularitas bakal calon wakil presiden tersebut tidak dipasangkan dengan bakal calon wakil presiden yang ada. Saat ini baru ada tiga bakal calon presiden yang diusung oleh partai politik, yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

Secara total ada 19 nama yang disurvei dengan metode semi terbuka. Sebanyak 13 persen responden tercatat tidak memberikan jawaban atau menjawab tidak tahu. Menurut Burhanuddin Ridwan Kamil unggul dalam simulasi delapan nama dan enam nama. Elektabilitas Ridwan Kamil dalam simulasi delapan nama mencapai 23,3 persen.

Figur Cawapres Pilihan Partai 

Hal lain yang terungkap dalam survei bahwa Ridwan Kamil tercatat mendapatkan dukungan partai terbanyak dalam survei Indikator. Partai politik tersebut adalah, Partai Gerindra, PKS, Partai Golkar, PKB, dan Perindo.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement