Daftar Lengkap Artis dan Pesohor yang Maju Jadi Caleg pada Pemilu 2024

Ira Guslina Sufa
15 Mei 2023, 06:25
Daftar Caleg
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) memverifikasi berkas bakal calon legislatif (bacaleg) Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Minggu (14/5/2023).

Komisi Pemilihan Umum telah menutup masa pendaftaran calon legislatif dari partai politik peserta pemilu. Pendaftaran dimulai sejak Senin (1/5) dan berakhir pada Minggu (14/5). 

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan sebanyak 18 partai politik peserta pemilu telah mendaftarkan sosok yang akan bertarung memperebutkan kursi parlemen di Dewan Perwakilan Rakyat, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dan Kota. Partai pertama yang mendaftar adalah Partai Keadilan Sejahtera dan terakhir Partai Buruh. 

“Terima kasih yang sangat besar kami sampaikan kepada 18 partai politik peserta Pemilu 2024 yang berdasarkan jadwal dan kemudian catatan yang kami terima semuanya sudah mendaftarkan bakal calonnya kepada KPU RI,” ujar Hasyim seperti dikutip, Senin (15/5). 

Selama 14 hari masa pendaftaran, mayoritas partai politik menyerahkan daftar nama caleg dengan jumlah maksimal yaitu 580. Di antara daftar nama yang diserahkan terdapat nama-nama artis dan publik figur yang turut bergabung.

Sebagian merupakan artis dan publik figur merupakan petahana yang telah duduk di parlemen. Namun, sebagian lainnya merupakan nama yang baru terjun ke parlemen. 

Berikut Deretan Artis dan Publik Figur yang Maju Sebagai Caleg pada Pemilu 2024

1. Daftar Caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

PKS merupakan partai yang pertama mendaftar ke KPU. Partai pimpinan Ahmad Syaikhu dengan nomor urut 8 itu mendaftar pada Senin (8/5). Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsyi mengatakan terdapat sejumlah nama publik figur dalam daftar caleg PKS. 

Komedian Sunarji atau yang biasa dikenal dengan nama panggung Narji mendaftar sebagai calon anggota DPR RI dari PKS. Pentolan grup komedi Cagur tersebut mengatakan dirinya menargetkan masuk ke Komisi yang melingkupi bidang olahraga atau Pertanian. 

“Saya kalau ditanya mau komisi berapa, ya, membidangi olahraga atau pertanian. Itu saja," kata Narji kepada wartawan di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (8/5).

Pada pemilu 2024 Narji maju di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah 10. Ia mengaku, di dapilnya tersebut, bidang pertanian tidak terlalu dilirik oleh generasi muda. Banyak pemuda yang memilih merantau ke Jakarta dibanding membuka usaha di daerah.  Hal tersebut membuat Narji merasa perlu  memberikan perhatian pada persoalan pertanian.

Selain Narji PKS juga mendaftarkan Ahmad Heryawan sebagai caleg. Mantan Gubernur Jawa Barat itu sebelumnya disebut didaulat menjadi calon wakil presiden dari PKS untuk mendampingi Anies Baswedan. Menurut Aboe Aher tetap maju sebagai caleg dan tetap masuk dalam daftar cawapres.

2. Daftar Caleg Hanura 

Partai Hanura menjadi partai kedua yang mendaftar ke KPU. Mereka menyerahkan daftar caleg pada Rabu (10/5). Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang mengatakan partai sengaja mendaftar di tanggal 10 untuk menyesuaikan dengan nomor urut partai. 

Salah satu figur dalam daftar caleg Hanura adalah Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani mengatakan akan maju menjadi caleg 2024 dapil Jawa Barat II. OSO mengatakan Hanura mendaftarkan sebanyak 32% caleg perempuan sebagian bagian mendukung keterwakilan perempuan. 

3. Daftar Caleg PDIP 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP resmi menyerahkan daftar bakal calon anggota legislatif kepada KPU pada Kamis (11/5). Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan dari 580 nama yang disetor terdapat 14 calon yang berlatar belakang budayawan, seniman atau artis.  

Menurut Hasto nama publik figur yang disetor sebagian sudah menjabat sebagai anggota DPR. Mereka adalah Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, Krisdayanti, Harvey Malaiholo, dan Junico Siahaan. 

Selain itu terdapat pula nama-nama publik figur yang baru maju untuk pemilu 2024. Mereka adalah Once Mekel, Lita Zein, Marcell Siahaan, Taufik Hidayat Udjo, Denny Cagur, Tamara Geraldine, Sari Koeswoyo, Andre Hehanussa, dan Lucky Perdana. 

"Jadi ada sekitar 14 dari kalangan budayawan, seniman dan juga artis yang memang terbukti memiliki kompetensi yang sangat kuat," kata Hasto.  

Selain itu Hasto mengatakan putri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani kembali didaftarkan sebagai caleg. Menurut Hasto, Puan dinilai memiliki prestasi dan memiliki dedikasi selama menjabat ketua DPR. 

 "Sehingga atas fungsi-fungsinya yang sangat baik tersebut maka Puan Maharani juga dicalonkan," kata Hasto.  

Selain mencalonkan Puan, Hasto mengatakan sebanyak 128 nama lainnya merupakan petahana yang kini telah duduk di Senayan. Selain Puan, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly juga didaftarkan sebagai calon legislatif oleh PDIP.

4. Daftar Caleg Nasdem 

Partai Nasional Demokrat menyerahkan sebanyak 580 nama bakal calon anggota legislatif ke Komisi Pemilihan Umum.  Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai NasDem Prananda Surya Paloh mengatakan daftar nama caleg yang disampaikan mayoritas diisi petahana. 

"Saya rasa kami ingin menjadi partai besar, tentu petahana dari kami menjadi yang lebih dominan ya," kata Prananda di Kantor KPU, Kamis (11/5).  

Halaman:
Reporter: Antara, Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...