Survei: Pemilih yang Tak Puas Kerja Jokowi Pilih Prabowo, Bukan Anies

Ira Guslina Sufa
16 Mei 2023, 07:42
Jokowi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kedua kiri), menanam mangrove dalam Puncak Penanaman Mangrove Nasional oleh TNI di Seluruh Indonesia 2023 di Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara, Senin (15/5/2023).

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menyatakan pemilih atau responden yang tidak puas atas kinerja Presiden Jokowi cenderung mendukung Prabowo Subianto. Hal ini berbeda dengan pendapat umum yang menyatakan bahwa calon presiden lainnya Anies Baswedan merupakan antitesa Jokowi. 

"Pemilih Prabowo masih ditopang oleh basis pemilih 2019 yang cenderung anti-Pemerintahan Jokowi," kata Yunarto dalam rilis survei Charta Politika Indonesia yang dikutip Selasa (16/5). 

Hasil survei Charta Politika Indonesia periode 2-7 Mei 2023 menunjukkan kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo mencapai 79,1 persen. Jika dibandingkan survei sebelumnya, persentase kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah pusat tertinggi berada di angka 74 persen pada periode Februari 2023.

Sementara itu, dari keseluruhan pemilih Jokowi - Ma'ruf pada Pemilu 2019 ternyata 61 persen memilih Ganjar Pranowo dan hanya 18 persen menyatakan hanya memilih Prabowo Subianto. Sedangkan yang memilih Anies Baswedan mencapai 14 persen. 

Menurut Yunarto hasil survei menunjukkan bahwa para pendukung pemerintahan Jokowi solid mendukung Ganjar Pranowo. Hal ini berbeda dengan yang disimpulkan relawan Jokowi dalam acara puncak Musyawarah Rakyat di Senayan pada Minggu (14/5) lalu. Saat itu relawan Jokowi menyebutkan ada kebingungan di antara pemilih Jokowi - Ma'aruf dalam penentuan capres. 

"Ternyata tidak ada kebingungan seperti yang coba ditafsirkan dalam musra kemarin, mayoritas relawan Jokowi mendukung Ganjar Pranowo," ujar Yunarto lagi. 

Elektabilitas Ganjar Teratas

Secara keseluruhan, hasil survei Charta Politika Indonesia menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas dalam perolehan elektabilitas capres. Dalam simulasi tiga nama, Ganjar meraih 38,2 persen suara. Selanjutnya, posisi kedua ditempati Prabowo dengan 31,1 persen diikuti mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 23,6 persen suara. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...