Bahar Bin Smith Lapor Jadi Korban Penembakan, Bagaimana Faktanya?

Ira Guslina Sufa
16 Mei 2023, 14:40
Penembakan Bahar bin Smith
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Penceramah Bahar Smith (tengah) memberikan keterangan kepada media di Bandung, Jawa Barat, Senin (3/1/2022).

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin berjanji membuat terang benderang laporan ulama Bahar Smith yang mengaku tertembak di Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Menurut Iman kepolisian akan bertindak profesional menindak laporan adanya penembakan yang dibuat Bahar. 

"Mudah-mudahan dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh tim kami, dapat membuat terang permasalahan yang sudah dilaporkan oleh pelapor," kata Iman di Cibinong, Bogor seperti dikutip Selasa (16/5). 

Iman menngatakan laporan Bahar bin Smith diterima dengan laporan Polisi Nomor LP/--/B/V/2023/SPKT/POLSEK KEMANG/POLRES BOGOR/POLDA JABAR yang diterima Jumat (12/5). Iman memastikan bahwa Polres Bogor hingga kini masih melakukan pendalaman laporan Bahar Smith, termasuk menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP).

Bagaimana sebenarnya peristiwa penembakan yang dialami Habib Bahar Bin Smith? 

1. Bahar Bin Smith Ditembak di Dekat Pondok Pesantren 

Kuasa hukum ulama Bahar Smith, Ichwan Tuankotta menyebutkan kliennya ditembak oleh orang tak dikenal pada Jumat (12/5) malam. Kejadian terjadi pada pukul 20.32 WIB di jalan dekat Pusat Pengembangan (Pusbang) SDM Aparatur Perhubungan di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Lokasi penembakan berada tak jauh dari Pondok Pesantren (Ponpes) Tajul Alawiyyin Pabuaran yang dipimpin Bahar Smith.

2. Bahar bin Smith Ditembak Orang Tak Dikenal

Lebih jauh Ichwan mengatakan pada saat kejadian, Habib Bahar bin Smith sempat dibuntuti oleh orang tak dikenal dengan mengendarai mobil berwarna hitam. Saat itu  Bahar Smith dari arah ponpes menuju Jalan Raya Parung. 

Menurut Ichwan, Bahar bin Smith saat itu dalam posisi menjajal mobil yang baru diperbaiki. Namun, belum sampai ke jalan raya, Bahar menyadari sedang dibuntuti orang lain.

"Habib lagi ngetes mobil mau keluar, ke jalan raya, tapi tidak sampe ke jalan raya,” ujar Ichwan.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...