Deretan Perayaan Juara Sepak Bola SEA Games, Jokowi Traktir Durian

Ira Guslina Sufa
17 Mei 2023, 07:12
SEA Games 2022
Arief Kamaludin|KATADATA
Presiden Jokowi Senang hasil SEA Games 2023

Kemenangan tim nasional sepak bola Indonesia di SEA Games 2023 mendapat sambutan meriah dari berbagai daerah. Penantian setelah 32 tahun itu berbuah manis di tangan asuhan pelatih timnas Indra Sjafri. 

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Olimpiade Phnom Penh Kamboja Selasa (16/5) malam, timnas Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor 5-2. Pertandingan berlangsung sengit selama 120 menit hingga dua kali babak tambahan. 

Penantian panjang Indonesia untuk menjadi juara Sea Games selama 32 tahun itu tidak mudah. Pertandingan diwarnai dengan hujan kartu merah setelah terjadi adu jotos antara tim ofisial dan pemain kedua pemain. 

Kemenangan timnas Indonesia menjadi penutup bagi kontingen Indonesia di SEA Games 2023. Indonesia pulang dengan membawa 87 medali emas dan 79 medali perak dan 109 medali perunggu. Berbagai sambutan datang untuk para pemain timnas dan kontingen Indonesia. 

Berikut beberapa momen yang terekam dalam perayaan penantian 32 tahun emas di sepakbola SEA Games. 

Presiden Jokowi Traktir Durian 

Presiden RI Joko Widodo merayakan raihan medali emas sepak bola putra SEA Games 2023 Kamboja dengan mentraktir jajaran menteri serta bawahannya menikmati durian di Medan, Sumatera Utara, Selasa (16/5) malam. Hal itu terungkap dari unggahan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden pada Rabu dini hari WIB, yang memperlihatkan Presiden Jokowi bersama jajarannya tengah menikmati durian di Si Bolang Durian.

Tampak hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam perayaan kecil itu adalah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Juga ada Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, serta anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Tadi sore memang saya janjian, para menteri dengan wagub dan lain-lain, kalau menang, saya traktir di Si Bolang untuk makan durian bareng-bareng. Jadi, karena menang, ya, harus nraktir karena janjiannya seperti itu," ujar Jokowi.

Video itu juga diawali dengan potongan adegan, tempat Presiden Jokowi nonton bareng bersama putra sulungnya yang juga Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, serta jajaran Paspamres tengah menyaksikan partai final sepak bola putra SEA Games 2023 Kamboja antara Indonesia dan Thailand.

Presiden tampak merayakan gol yang dicetak Beckham Putra ke gawang Thailand, melengkapi kemenangan 5-2 bagi Indonesia yang mengunci medali emas. Presiden bertutur bahwa dirinya juga sempat terkecoh, adegan ketika pelatih Indonesia, Indra Sjafri, melakukan sujud syukur dan berselebrasi di akhir babak kedua mengira pertandingan sudah berakhir.

"Saya keliru juga, sudah saling salaman, saling menyelamati, ternyata masih main dan gol. Kaget juga," ujar Presiden.

Presiden juga memastikan akan memikirkan hadiah yang pantas diberikan sebagai bonus bagi tim Indonesia atas pencapaian di SEA Games 2023 Kamboja. Terlebih, Indonesia menyudahi dahaga raihan medali emas sepak bola putra SEA Games yang sebelumnya telah berlangsung 32 tahun lamanya.

"Hadiah nanti dipikirkan. Akan tetapi, kita beri nanti. Karena ini betul-betul ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia, sudah 32 tahun," kata Jokowi.

Menpora Naik Asam Lambung 

Menpora Dito Ariotedjo menyebutkan asam lambungnya sempat naik saat melihat secara langsung perjuangan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan merebut medali emas SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5) malam. Pada laga yang ketat tersebut, Timnas Garuda Muda sukses mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 melalui perpanjangan waktu setelah pada waktu normal kedudukan sama kuat 2-2.

"Asam lambung saya sampai naik, karena naik turun, sudah unggul disamain lagi. Tapi Alhamdulillah kita bisa meninggalkan mereka karena semangat anak-anak di lapangan dan tentunya para atlet dan ofisial," kata Dito usai pertandingan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...