Tahan Johnny G Plate, Kejagung Geledah 8 Tempat di Kasus BTS Kominfo

Ade Rosman
17 Mei 2023, 12:58
Menkominfo Johnny G Plate ditahan di kasus BTS Kominfo
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate (tengah) bersiap memasuki kendaraannya usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (15/3/2023).

Kejaksaan Agung atau Kejagung menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi dalam proyek Base Transceiver Station (BTS) 4G infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, 5 BAKTI Kominfo  2020-2022. Johnny telah ditetapkan sebagai tersangka usai diperiksa sebanyak tiga kali terkait perkara. 

Johnny keluar dari gedung Kejagung dikawal penyidik. Saat keluar ia telah mengenakan rompi tahanan berwarna merah.  Johnny tak berkomentar sepatah katapun saat keluar. Ia langsung dibawa ke mobil tahanan Kejaksaan Agung yang telah bersiaga sejak sekira pukul 11.20 WIB. 

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejagung Kuntadi mengatakan, dari hasil pemeriksaan sebanyak tiga kali didapatkan adanya indikasi keterlibatan Johnny berkaitan dengan jabatannya sebagai Menkominfo.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan, pada hari ini telah kami evaluasi, kami simpulkan terdapat cukup bukti bahwa yang bersangkutan diduga terlibat dalam korupsi pembangunan BTS," kata Kuntadi, dalam konferensi pers di Kejagung, Rabu (17/5).

Kuntadi memaparkan, keterlibatan Johnny berkaitan dengan jabatannya sebagai Menteri dan selaku pengguna anggaran. Seiring dengan penetapan Johnny sebagai tersangka, Kejagung juga melakukan sejumlah tempat. 

Sebelumnya Kepala Pusat Hukum dan Penerangan Ketut Sumedana mengatakan setidaknya ada delapan titik yang dilakukan penggeledahan hari ini. Namun ia tidak menyebutkan secara rinci lokasinya. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...