Anies Sentil Proyek Tol Jokowi, Ganjar Lanjutkan Proyek Trans Sumatera

Ira Guslina Sufa
21 Mei 2023, 18:06
Ganjar Pranowo soal jalan tol
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo melihat foto yang dipajang pada pameran 25 Tahun Reformasi di Graha Pena 98, Menteng, Jakarta, Sabtu (13/5/2023).

Gubernur Jawa Tengah sekaligus bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ganjar Pranowo menegaskan siapa pun yang bakal terpilih menjadi presiden pada Pemilu 2024 harus melanjutkan program tol yang telah dimulai Presiden Joko Widodo. Termasuk pembangunan tol Trans Sumatera yang menghubungkan seluruh ibu kota provinsi di Pulau Sumatera. 

"Siapa pun nanti yang jadi presiden, harus menyelesaikan proyek tol ini karena interkoneksinya sangat penting," kata Ganjar seperti dikutip dari Antara, Minggu (21/5). 

Sebagai salah satu bacapres, Ganjar pun mengaku siap melanjutkan program Trans Sumatera jika kelak terpilih menjadi Presiden 2024. Hal itu diungkapkan Ganjar usai memimpin konsolidasi kader PDIP Sumatera Selatan di GOR Jakabaring, Kota Palembang.

Perkembangan proyek Tol Trans Sumatera yang dicanangkan Jokowi dari Lampung sampai Aceh itu sampai awal tahun 2023 telah membentang sepanjang 1.064 kilometer. Adapun perincian Tol Trans Sumatera sepanjang 465 km ruas tol konstruksi dan 599 km ruas tol operasi yang dibangun PT Hutama Karya.

Ganjar mengatakan bahwa pembangunan tol memiliki dampak besar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Selain itu ia menilai kehidupan masyarakat bakal lebih mudah dengan menempuh jarak efisien antar-kabupaten dan kota.

"Tol itu akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan menghubungkan sentra-sentra yang ada, jadi harus dituntaskan," kata Ganjar. 

Gubernur Jawa Tengah itu memproyeksi ruas tol yang nantinya akan menghubungkan industri di Pulau Sumatera tersebut dapat mengarah pada sentra pertumbuhan ekonomi. Hal itu akan berpengaruh signifikan pada kemajuan wilayah Sumatera. 

"Ketika ini sudah bisa dikelola dengan baik, exit tolnya harus mengarah ke sentra industri, sentra pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, gubernur, bupati, dan wali kota harus jemput bola," kata Ganjar lagi. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...