Jokowi Perintahkan Luhut Kawal Investasi IKN dan Bereskan Urusan Tanah

Ira Guslina Sufa
21 Mei 2023, 18:58
Luhut pimpin Satgasus IKN
ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/sgd/foc.
Presiden Joko Widodo menikmati suasana pagi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Jumat (24/2/2022).

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono mengatakan Satuan Tugas Khusus atau Satgasus Percepatan Investasi Ibu Kota Nusantara (IKN) yang telah dibentuk oleh pemerintah mendapat beberapa tugas dari Presiden Joko Widodo. Bambang menyebut Satgasus yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan itu memastikan investasi di IKN berjalan sesuai target. 

"Presiden memerintahkan jajaran untuk mempercepat proses agar investasi di IKN dapat terealisasi sesuai koridor dari peraturan perundangan yang berlaku,” ujar Bambang dalam keterangan resmi, Minggu (21/5). 

Advertisement

Selain memastikan masuknya investasi, Bambang mengatakan Luhut juga mendapat tugas menyelesaikan permasalahan pertanahan. Ia mengatakan otorita ingin status tanah sudah selesai sehingga bisa dengan mudah ditawarkan kepada investor. 

Selain meningkatkan koordinasi, Bambang mengatakan Satgasus juga mengkoordinir komunikasi antar lembaga sehingga proses percepatan investasi di IKN dapat berjalan lebih baik dan lebih efisien.

Luhut Gerak Cepat Usai Ditunjuk Pimpin Satgasus IKN

Usai ditunjuk menjadi ketua Satgasus, Luhut telah berkunjung ke  sejumlah lokasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN yang masuk wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Luhut turun bersama dengan Bambang dan jajaran OIKN. 

Menko Luhut datang bersama dengan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan, serta Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan. Dalam kunjungan, Menko Marves ingin memastikan pembangunan infrastruktur prioritas sudah berjalan sesuai dengan target.

Kunjungan rombongan Menko Marves diawali ke Titik Nol Nusantara. Ia kemudian meninjau lokasi proyek Hunian Tapak Menteri, dan melihat proses pembangunan Istana Presiden.

Dalam kesempatan itu, Menko Marves mengatakan, Satgasus akan berperan mengkoordinasikan lintas kementerian dan lembaga. Ia mengatakan akan melakukan inspeksi secara berkala untuk memastikan proses pembangunan berjalan sesuai rencana. 

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement