Lapangan Gas JTB Beroperasi 100% Juni, SKK Migas Pastikan Ada Pembeli

Ira Guslina Sufa
22 Mei 2023, 16:27
Forum Kapnas Jawa Bali Madura Bali SKK Migas di Surabaya Senin (22/5/2023?
Istimewa
Forum Kapnas Jawa Bali Madura Bali SKK Migas di Surabaya Senin (22/5/2023?

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas optimistis produksi gas pada 2023 akan terus naik. Hal ini ditopang peningkatan produksi dari lapangan gas yang sudah berjalan dan yang baru beroperasi penuh pada triwulan II tahun ini.  

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan penambahan produksi gas akan ditopang oleh penambahan produksi di dua lapangan untuk wilayah Jawa Bali dan Nusa Tenggara. Adapun dua lapangan itu adalah Jambaran Tiung Biru di Kabupaten Bojonegoro yang dikelola oleh Pertamina EP Cepu dan lapangan MAC di Selat Madura yang dikelola Husky-CNOOC Madura Limited (HCML).

Advertisement

Soetjipto menjelaskan proyek MAC akan memberi tambahan sekitar 25 sampai 40 standar kaki kubik per hari atau MMscfd. Dengan penambahan ini maka produksi ladang yang sudah MDA- MBH dan MAC yang sebelumnya berada di 110 MMscfd naik menjadi sekitar 140 MMscfd. Sedangkan lapangan Jambaran Tiung Biru akan beroperasi 100% produksi hingga Juni  2023 sehingga menghasilkan 192 MMscfd gas. 

“Triwulan kedua akan ada tambahan produksi dari MAC, optimalisasi MBH dan dari produksi (100%) JTB,” ujar Soetjipto usai membuka Forum Kapasitas Nasional wilayah Jawa, Bali, Madura dan Nusa Tenggara di Surabaya, Senin (22/5). 

Sebelumnya, SKK Migas memasang target lapangan gas Jambaran Tiung Biru bisa beroperasi 100% pada April 2023. Namun Soetjipto mengatakan target itu tidak terpenuhi lantaran adanya kebocoran pipa gas di beberapa titik. Menurut dia, saat ini masalah itu telah diatasi sehingga target produksi penuh pada triwulan II 2023 bisa dikejar. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement