SKK Migas Perkuat UMKM, Fasilitasi MoU Pabrik Kapal Gresik - Petronas

Ira Guslina Sufa
23 Mei 2023, 15:35
Kepala SKK Migas dalam rangkaian Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) III wilayah Jawa Bali dan Nusa Tenggara di Surabaya (22/5/2023)
Istimewa
Kepala SKK Migas dalam rangkaian Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) III wilayah Jawa Bali dan Nusa Tenggara di Surabaya (22/5/2023)

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas mendorong pengembangan industri minyak dan gas Tanah Air tidak hanya terpaku pada urusan produksi. Salah satunya dengan terlibat aktif meningkatkan kapasitas masyarakat dan UMKM yang berada di sekitar industri hulu migas. 

Tri Rahmawati (53 tahun) merupakan salah seorang pelaku UMKM dari Kabupaten Gresik yang mendapat pembinaan. Pembuat aneka keripik olahan ikan itu menyebut mendapat banyak keuntungan sejak mendapat pendampingan dari SKK Migas dan PC Ketapang II Ltd yang merupakan anak usaha Petronas.

Advertisement

Tri menjelaskan ia telah menggeluti usaha keripik sejak 2010. Namun usaha itu ia lakukan secara tradisional dan hanya dipasarkan ke tetangga saja. Sejak pertengahan 2022 ia mendapat pendampingan dari Petronas untuk perbaikan produksi, pengemasan dan pemasaran. Hasilnya omset keripik yang ia buat kini bisa mempekerjakan lebih dari 20 ibu rumah tangga. 

“Dengan kemasan yang lebih menarik kami sekarang bisa menjual keripik secara online dan bisa juga untuk ke luar kota,” ujar Tri saat berbincang dengan Katadata.co.id di Surabaya (23/5). 

Selain pembinaan produk dan pemasaran Tri juga terbantu dalam pengurusan sertifikasi halal dari pemerintah. Tri yang turut memamerkan produknya dalam kegiatan Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) III wilayah Jawa Bali dan Nusa Tenggara yang diselenggarakan SKK Migas pada 22-24 Mei menjadi 1 dari UMKM yang menerima langsung sertifikat halal untuk usahanya. 

Pemberdayaan masyarakat dari program hulu migas juga dirasakan masyarakat Desa Bandungrejo Kecamatan Ngasem, Bojonegoro Jawa Timur. Lewat pendampingan yang dilakukan Pertamina EP Cepu dan Usaha Milik Desa (Bumdes) Makmur Rejo yang bergerak di bidang peternakan ayam petelur bertumbuh menjadi semakin besar. 

“Dari yang dulunya hanya 1.500 ekor ayam petelur kini menjadi 4.400 ekor ayam petelur yang menghasilkan rata-rata 250 kilogram telur per hari,” ujar Santoso, Ketua Bumdes Makmur Rejo. 

Menurut Santoso masyarakat juga mendapat pendampingan dalam pembuatan pakan sehingga bisa menekan biaya. Peternakan ayam dan pembuatan pakan menurut dia bisa menambah serapan tenaga kerja di desa. 

Adapun Desa Bandungrejo merupakan salah satu daerah yang berada di sekitar lapangan Jimbaran Tiung Biru di Bojonegoro Jawa Timur SKK Migas menargetkan lapangan ini beroperasi 100% pada kuartal II 2023 dengan kapasitas produksi 192 MMscfd gas. 

Lapangan gas JTB merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) sektor energi di bawah PT Pertamina Persero yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Perpres Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.  Selain memproduksi gas bumi, proyek bernilai US$ 1,53 miliar atau Rp 22,9 triliun itu juga menghasilkan produk turunan H2SO4 atau asam sulfat yang merupakan salah satu produk utama industri kimia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement