Pipa Gas Cisem I Rampung 2023, Pemerintah Kebut Gasifikasi Jawa Barat

Ira Guslina Sufa
23 Mei 2023, 18:16
gas
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa.
Petugas dari berbagai instansi mengecek pipa gas di Onshore Receiving Facility PHE WMO, Gresik, Jawa Timur, Kamis (4/5/2023).

 Pemerintah melalui Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas menargetkan jaringan pipa gas bumi Cirebon - Semarang (Cisem)  tahap I rampung sebelum akhir 2023. Kepala Perwakilan SKK Migas wilayah Jawa Bali dan Nusa Tenggara atau Jabanusa Nurwahidi mengatakan tersambungnya pipa gas di seluruh wilayah Jawa akan mengoptimalkan pemanfaatan produksi gas yang ada. 

Berdasarkan data yang dimiliki SKK Migas, hingga April tahun ini produksi gas untuk wilayah Jabanusa mencapai 687 MMscfd. Meski lebih rendah dari target lifting gas 2023 di angka 873,27 MMscfd namun jumlah itu masih lebih besar dari serapan gas. 

Nurwahidi menjelaskan serapan gas di wilayah Jabanusa saat ini baru di kisaran 559 MMscfd. Padahal SKK Migas menargetkan serapan hingga 744 MMscfd lebih rendah dari potensi lifting surplus gas yang mencapai 765 MMscfd. 

Nurwahidi menjelaskan rendahnya serapan gas menyebabkan terjadi over supply untuk wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Namun, di sisi lain wilayah Jawa Barat justru mengalami defisit pasokan gas. 

“Kita menghadapi tantangan untuk bisa memastikan distribusi gas lebih luas sehingga produksi dapat diimbangi dengan serapan yang baik,” ujar Nurwahidi dalam Forum Kapasitas Nasional III Jabanusa yang berlangsung di Surabaya, Selasa (23/5). 

Menurut Nurwahidi saat ini SKK Migas mendorong pemerataan distribusi gas dengan percepatan pembangunan jaringan pipa gas Cirebon- Semarang. Hal ini diperlukan untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan gas di semua wilayah sekaligus meningkatkan serapan gas. 

 Selain itu ia menyebut produksi gas di wilayah Jabanusa masih berpotensi naik seiring dengan adanya lapangan gas yang baru berproduksi 100% pada 2023 yaitu lapangan Jambaran Tiung Biru. Nurwahidi mengatakan tersambungnya wilayah jawa lewat proyek pipa menurut dia bisa menjadi solusi kekurangan gas yang terjadi di Jawa Barat. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...