Khofifah Masuk Bursa Cawapres Anies, Pengamat Nilai Tak Beri Dampak

Ade Rosman
25 Mei 2023, 11:15
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) berfoto dengan seorang penerima penghargaan saat Apresiasi Perempuan Inspiratif dalam rangka peringatan Hari Kartini 2023 Oase Kabinet Indonesia Maju di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (19/5/2023
ANTARA FOTO/Moch Asim/nym.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) berfoto dengan seorang penerima penghargaan saat Apresiasi Perempuan Inspiratif dalam rangka peringatan Hari Kartini 2023 Oase Kabinet Indonesia Maju di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (19/5/2023).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa masuk ke dalam daftar kandidat bakal calon wakil presiden Anies Baswedan dalam pilpres 2024. Nama tokoh perempuan Nahdlatul Ulama tersebut beberapa kali disebut diproyeksikan sebagai cawapres Anies.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai, memilih khofifah sebagai calon wakil presiden merupakan salah satu langkah untuk menarik masa dari kalangan NU.

“Mewacanakan Khofifah besar kemungkinan untuk menarik kelompok pemilih perempuan dan dari kalangan NU,” kata Dedi, Rabu (24/5) malam. 

Meski demikian, menurut Dedi memilih Khofifah sebagai cawapres bukanlah pilihan yang tepat. Tak hanya bagi Anies, namun juga berlaku bagi kandidat bacapres lainnya yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Ia beralasan, secara ketokohan Khofifah tidak muncul mengemuka dengan skala nasional meskipun pernah menjadi bagian dari kabinet. Begitu juga dengan elektabilitasnya yang masih belum menjunjukkan potensi. Jika dipaksakan berpasangan dengan Khofifah, Anies diprediksi akan kewalahan menghadapi kandidat lainnya.

“Kaum moderat NU atau bahkan muslimat dan fatayat sekalipun, memiliki kecenderungan tokoh yang merata ke banyak tokoh,” katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...