Gerindra Optimistis Golkar Gabung Koalisi Dukung Prabowo di PIlpres

Ade Rosman
26 Mei 2023, 06:36
Golkar dan Gerindra rukun
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga HartartoÊmenyampaikan pidato pada acara Kuliah Umum Partai Golkar di Golkar Institute, Jakarta, Senin (13/3/2023).

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengaku hubungan partainya dengan Partai Golkar kian dekat. Ia mengatakan, kedua partai politik tersebut kerap melakukan pertemuan.

"Kalau Golkar-Gerindra sering banget, sering banget, sering ketemu," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (25/5).

Dasco mengatakan kedekatan hubungan Gerindra dan Golkar sudah berjalan cukup intens. Sehingga, Gerindra tak risau dengan pertemuan yang digelar Golkar dengan pimpinan partai lain termasuk dengan pertemuan antara Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Menurut Dasco PKB sendiri merupakan kawan baik Gerindra di Koalisi Indonesia Raya. Dengan begitu ia yakin PKB nanti akan menyampaikan hasil pertemuan dengan Golkar kepada Gerindra. Dasco mengatakan, komitmen tersebut masih dipegang PKB dan Gerindra hingga kini.

"Gak ada hal yang perlu dipermasalahkan karena setiap pertemuan PKB akan selalu memberikan update kepada Gerindra, begitu juga Gerindra," katanya.

Sebelumnya kedekatan partai Golkar dan kubu Prabowo disampaikan oleh Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono. Ia mengatakan partai Golkar lebih intens berkomunikasi dengan Prabowo Subianto dibandingkan dengan dua kandidat lain, yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Golkar tidak menutup kemungkinan menyodorkan nama Airlangga Hartarto sebagai pasangan dari bakal calon lainnya. Meski begitu Dave menyebut posisi Golkar masih sangat cair. 

"Kami tidak menutup komunikasi dengan semua pihak. Walaupun yang sangat intens komunikasi itu Pak Prabowo. Tapi kami masih bisa ke semuanya lah," kata Dave. 

Hingga saat ini Golkar memang belum menyatakan dukungan secara resmi kepada salah satu calon presiden. Golkar yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu bersama Partai Amanat Nasional dan Partai Persatuan Pembangunan tak kunjung membuat kesepakatan. PPP kini telah menyatakan dukungan resmi kepada Ganjar Pranowo. Sedangkan PAN belum menyatakan sikap. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...