PPP Usul Dua Nama Bakal Cawapres, PDIP Pilih yang Punya Elektabilitas

Ade Rosman
29 Mei 2023, 18:50
PPP
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Plt Ketum PPP Mardiono (kedua kiri) berjabat tangan dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani (kedua kanan) disaksikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) dan Sekjen PPP Arwani Thomafi (kiri) saat melakukan pertemuan di Kantor DPP PPP, Jakarta, Senin (29/5/2023).

Pelaksana Tugas Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono mengatakan partainya akan mengajukan dua nama bakal calon wakil presiden untuk mendampingi bakal calon presiden Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kedua nama yang disodorkan akan lebih dahului melalui penjaringan di internal partai. 

"Nanti pada saatnya akan kami umumkan dua nama itu siapa, yang nanti kami usulkan ke PDI Perjuangan yang akan menjadi kesepakatan bersama,” kata Mardiono di kantor DPP PPP Senin (29/5). 

Dalam kesempatan tersebut, Mardiono mengatakan bahwa 10 nama yang sebelumnya sempat disinggung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri belum masuk ke tahap pembahasan. Ia menyebut  pembahasan mengenai cawapres akan dilakukan setelah konsolidasi dengan masyarakat pada tingkat akar rumput rampung.

“Setelah rampung, tentu dari arus-arus bawah ini, dalam waktu yang singkat ini, mudah-mudahan kami sudah mengerucut untuk menuju ke arah pasangan (capres-cawapres) itu,” ujar Mardiono.

Di sisi lain meski mengatakan sudah mulai mempertimbangkan dua nama, Mardiono belum bersedia menyebutkan figur calon yang akan diusulkan. Ia pun enggan menyampaikan latar  belakang dua calon yang disiapkan. 

Sementara itu, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan partainya bakal mempertimbangkan bacawapres yang dapat meningkatkan keterpilihan bakal calon presiden Ganjar Pranowo di Pemilu 2024. Karena itu menurut Puan PDIP akan sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan. 

"Kami masih lihat-lihat dulu kira-kira siapa yang cocok, siapa yang kemudian bisa menambah elektoral, siapa yang nanti kemudian bisa diterima masyarakat," kata Puan saat kunjungan silaturahmi ke kantor DPP PPP .

Menurut Puan dalam penentuan nama cawapres, Ketua Umum PDIP  Megawati Soekarnoputri akan berdiskusi dengan Plt Ketua Umum PPP.  "Sama-sama dibicarakan oleh Ibu Ketua Umum bersama dengan Ketua Umum PPP," ujar Puan. 

Sesuai jadwal dan tahapan pemilu yang dirilis Komisi Pemilihan Umum,  pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dibuka mulai 19 Oktober 2023 hingga 25 November 2023. Adapun saat ini baru ada tiga sosok capres yang menguat yaitu Ganjar  Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Meski begitu ketiga sosok capres belum mengumumkan sosok cawapres yang akan diusung. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...