Nama Cawapres Anies Hampir Final, Nasdem: 1 - 2 Hari Lagi Ada Kejutan

Ade Rosman
30 Mei 2023, 18:40
Anies
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Bakal Calon Presiden Anies Baswedan menyampaikan pidatonya dalam deklarasi Relawan Amanat Indonesia (Anies) di Tenis Indoor Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (7/5/2023).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasional Demokrat Sugeng Suparwoto mengungkapkan nama calon pendamping Anies Baswedan di pemilihan presiden sudah hampir final. Sugeng menyebut dalam waktu dekat Anies akan mengumumkan siapa sosok cawapres terpilih. 

"Malam ini, besok malam, antara satu dua hari ini akan ada surprise cawapres," kata Sugeng di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (30/5).

Lebih jauh Ketua DPP Nasdem itu mengatakan dalam satu atau dua hari ke depan para pimpinan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) akan berkumpul untuk membahas mengenai hal tersebut. Meski begitu, Sugeng mengatakan belum ada bocoran mengenai sosok yang akan mendampingi mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dalam pilpres 2024.

"Belum ada clue. Makanya itu bagian dari namanya moment of surprise," kata Sugeng. 

Saat ini, KPP yang terdiri dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyerahkan penentuan nama cawapres kepada Anies. Menurut Sugeng,  saat nama cawapres diumumkan bukan tidak mungkin komposisi pendukung bertambah. Namun ia tak menyebut partai apa saja yang berpotensi bergabung dalam KPP. 

Belakangan, beberapa nama muncul sebagai bakal kandidat pendamping Anies. Mereka adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. 

Belakang nama Sandiaga Uno jugo masuk dalam bursa. Sandi disebut-sebut telah membangun komunikasi dengan PKS yang menjadi anggota koalisi. Presiden PKS Ahmad Syaikhu sebelumnya menyebut partainya sangat terbuka bila akhirnya Sandiaga bersedia menjadi cawapres pendamping Anies. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...