Ganjar Turut Hadiri Pertemuan Megawati - Zulkifli Hasan Bahas Pilpres

Andi M. Arief
2 Juni 2023, 17:37
Ganjar
ANTARA/HO-PDIP
Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dalam konsolidasi partai di Kantor DPD PDI Perjuangan Banten, Sabtu (27/5)

Calon presiden yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ganjar Pranowo turut hadir dalam pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Ganjar merupakan calon presiden yang telah mendapat dukungan penuh dari PDIP. 

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor DPP PDIP itu Megawati dan Zulkifli terlihat duduk satu meja. Keduanya melakukan silaturahmi politik salah satunya membahas koalisi jelang Pemilihan Presiden 2024.
Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto juga turut hadir dalam pertemuan. .

"Ibu Megawati itu secara konsisten memang komunikasinya sangat baik dengan PAN, sementara yang lain baru ada yang mendekat," kata Hasto di Gedung DPP PDIP, Jumat (2/6).

Hasto mengatakan komunikasi baik antara PDIP dan PAN dimulai setidaknya sejak 2020. Saat itu, Megawati mengirim ucapan selamat kepada Zulkifli setelah kembali terpilih menjadi Ketua Umum PAN 2020-2025.

Hasto menilai pertemuan hari ini bertepatan dengan momentum Hari Lahir Pancasila. Oleh karena itu, Hasto berpendapat pertemuan tersebut memiliki semangat ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan sosial.

Zulkifli tercatat tiba di Gedung DPP PDIP sekitar pukul 14.40 WIB. Zulkifli tiba bersama Eddy dan disambut oleh Hasto. Keduanya masuk ke dalam gedung dan naik ke lantai 5 Gedung DPP PDIP.

Menurut Zulkifli pertemuan hari ini merupakan silaturahim lanjutan dengan para petinggi PDI Perjuangan. Ia menyebut selama ini memang kerap melakukan pertemuan dengan petinggi partai banteng sejak ia menjabat menteri perdagangan.

Sebagai sama-sama partai pendukung pemerintah, Zulkifli menyebut hubungan dengan PDIP termasuk dekat. Karena itu ia menilai pertemuan hari ini merupakan lanjutan dari membangun kerjasama yang selama ini telah terbangun.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan partainya tak menutup kemungkinan untuk mendukung Ganjar Pranowo di pemilihan presiden 2024 mendatang. Alasannya nama Ganjar menjadi salah satu sosok yang diusulkan oleh Rakernas PAN.

"Mas Ganjar Pranowo adalah salah satu nama yang masuk radar pencalonan di Pilpres 2024," kata Viva Yoga.

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...