PAN Pelihara Kans Zulkifli Hasan Meski Dukung Erick Thohir Cawapres

Ade Rosman
6 Juni 2023, 15:10
PAN usung Zulkifli Hasan
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (kanan) menyampaikan pidatonya usai mengajukan berkas bakal calon anggota DPR di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (12/5/2023).

Partai Amanat Nasional hingga kini belum menentukan arah dukungan dalam pemilihan presiden 2024 mendatang. Dalam sepekan terakhir pengurus PAN telah menjajaki kerjasama dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang mendukung Ganjar Pranowo, dan Partai Gerindra yang mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada pilpres 2024. 

Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay mengatakan saat ini partainya masih melihat berbagai peluang. Apalagi dalam simulasi internal partai masih terdapat beberapa skenario yang bisa dimunculkan. Salah satunya adalah memasangkan ketua umum Golkar dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Bagi PAN, pasangan Airlangga-Zulhas pantas untuk didorong," kata Saleh Selasa (6/6).

Ia mengatakan, sebagai dua pimpinan partai yang menginisiasi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) keduanya pantas untuk didorong. Menurut Saleh hubungan dan komunikasi antara keduanya sudah terjalin sangat baik dan tinggal melihat potensi dan peluang dalam kontestasi nantinya. 

Selain itu, ia mengatakan saat ini jika kedua parpol tersebut bergabung pun telah bisa mengusung calon sendiri. Saat ini jumlah kursi Golkar dan PAN adalah 129 sehingga melebihi batas minimun 20 persen, 115 kursi. 

“Artinya, Golkar dan PAN saja sudah cukup membentuk poros kekuatan sendiri," kata Saleh.

Lebih jauh ia mengatakan, segmentasi pemilih kedua parpol tersebut berbeda. Sehingga, ia yakin kerja sama di antara keduanya dapat memperluas jaringan masing-masing. Meski begitu Saleh mengatakan PAN juga punya tawaran lain untuk menghadapi pilpres.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...