Survei: Prabowo Menang Mudah Lawan Ganjar Bila Anies Batal Maju Capres

Ade Rosman
6 Juni 2023, 17:21
Foto: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei elektabilitas calon presiden (capres) pada Pemilu 2024. Dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Menhan Prabowo Subianto mencapai 38%, disu
Katadata
Foto: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei elektabilitas calon presiden (capres) pada Pemilu 2024. Dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Menhan Prabowo Subianto mencapai 38%, disusul Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan eks Gubernur DKI Anies Baswedan.

Survei terbaru yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto unggul jauh dibanding Ganjar Pranowo bila Anies Baswedan gagal mengamankan tiket untuk maju dalam pemilihan presiden 2024. Direktur CPA LSI Denny JA, Ade Mulyana mengatakan bila Anies batal maju di pilpres mayoritas suara akan masuk ke kantong Prabowo. 

Ade menjelaskan terdapat dua alasan yang membuat Anies bisa saja gagal maju menjadi calon presiden pada pilpres 2024. Pertama bila Mahkamah Agung memenangkan peninjauan kembali atas kepengurusan Partai Demokrat yang diajukan Kepala Staf Presiden Moeldoko. 

Kedua adalah bila Partai Nasional Demokrat menganulir dukungan untuk Anies lantaran kasus hukum yang menjerat Sekretaris Jenderal Nasdem Johnny G Plate. Nasdem juga disebut Ade berpotensi menarik dukungan bila tak ingin bisnis Ketua Umum Nasdem Surya Paloh terus terganggu karena deklarasi dukungan untuk Anies. 

“Jika Partai Demokrat atau Nasdem tak lagi mencalonkan Anies, tiket capres Anies gagal di dapat. Tanpa kehadiran salah satu partai itu, koalisi perubahan tak mencapai minimum 20% untuk pencalonan presiden,” ujar Ade seperti dikutip dari hasil survei, Selasa (6/6).

Pada temuan survei yang dilakukan pada 3-14 Mei 2023 dengan simulasi hanya ada Prabowo dan Ganjar yang maju di pilpres maka Prabowo mendapatkan hasil 50,4%. Sedangkan Ganjar memperoleh 43,2%, selisih 7,2% di bawah Prabowo. Adapun sebanyak 6,4% responden menyatakan tidak tahu atau tidak Jawab.

Menurut Ade, apabila Anies tetap maju Prabowo tetap berada di urutan pertama. Hanya saja selisih suara dengan Ganjar hanya terpaut tipis. Berdasarkan survei LSI Denny JA, dalam simulasi tiga nama tertutup, Prabowo memperoleh 33,9% suara, diikuti Ganjar dengan 31.9%, dan Anies 20.8%.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...