Didakwa 12 Tahun Penjara, Mario Dandy dan Shane Tak Ajukan Eksepsi

Ira Guslina Sufa
7 Juni 2023, 08:17
Mario Dandy didakwa 12 tahun penjara
Antara
Tersangka kasus penganiayaan David Latumahina, Mario Dandy saat konferensi pers di Polres Jakarta Selatan, Kamis (24/2). Foto: Antara.

Jaksa penuntut umum yang menyidangkan kasus penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satrio dan Shane Lukas mendakwa kedua tersangka dengan hukuman penjara 12 tahun. Keduanya disebut telah melakukan penganiayaan berat terhadap anak D pada Senin (20/1) lalu. 

“(bahwa Mario Dandy) sebagai orang yang turut serta melakukan kejahatan penganiayaan berat yang dilakukan dengan rencana terlebih dahulu,” ujar Jaksa dalam dakwaan yang dibacakan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (6/6). 

Dalam persidangan terpisah, Shane Lukas juga didakwa dengan ancaman 12 tahun penjara. Shane yang merupakan teman Mario disebut melakukan perbuatan yang membiarkan penganiayaan berat terjadi. Ia didakwa dengan pasal yang sama dengan Mario. 

Terhadap perbuatan mereka, Jaksa Penuntut Umum menyatakan Mario Dandy dan Shane Lukas telah melakukan perbuatan sebagaimana diatur dalam Pasal 355 Ayat 1 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP Subsider 353 ayat 2 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Mereka juga didakwa melanggar Pasal 76 C juncto Pasal 80 ayat 2 Undang-Undang No 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Usai pembacaan dakwaan Kuasa hukum Mario Dandy, Andreas Nahot Silitonga mengatakan tak mengajukan keberatan. Ia menyebut dakwaan yang dibuat jaksa teah telah sesuai fakta yang terungkap baik dari keterangan terdakwa maupun dari hasil olah kejadian perkara. 

"Surat dakwaan ini sudah cukup baik buat kami Yang Mulia," kata Andreas di hadapan Majelis Hakim. 

Meski begitu ia menyebutkan agar Hakim dapat memberi pertimbangan mengingat usia Mario Dandy yang belum mencapai 30 tahun pada saat penganiayaan terhadap D dilakukan. Ia pun menegaskan tidak mengajukan eksepsi atau keberatan atas dakwaan yang dibuat jaksa. 

Pisah Sel Tahanan

Sama halnya dengan Mario, Shane juga tidak mengajukan keberatan atas dakwaan jaksa. Ia hanya meminta agar ditempatkan di sel yang berbeda dengan Mario Dandy selama penahanan. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...