Siapkan Paket Investasi, Jokowi Bidik Rp 38 T dari Investor Singapura

Andi M. Arief
7 Juni 2023, 13:48
Jokowi
Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor (25/5).

Presiden Joko Widodo mengatakan telah menyiapkan 300 paket investasi yang ditawarkan kepada investor di Singapura. Kepala Negara mengumumkan potensi nilai seluruh paket investasi tersebut mencapai US$ 2,6 miliar atau sekitar Rp 38,58 triliun.

Jokowi menyampaikan paket investasi tersebut tersedia di berbagai bidang seperti perumahan, transportasi, energi, dan teknologi dengan prioritas berada di Ibu Kota Negara Nusantara. Menurutnya, konstruksi infrastruktur dasar dan pusat pemerintahan di IKN akan rampung pada tahun depan.

"Jadi, saya sarankan jangan menunggu terlalu lama. Jangan hanya duduk dan menonton. Ini peluang emas yang sangat menarik untuk berinvestasi di Indonesia," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Rabu (7/6).

Jokowi memaparkan setidaknya ada tiga alasan menarik untuk berinvestasi di IKN. Pertama, populasi Indonesia yang besar atau mencapai 270 juta orang.

Jokowi menilai pemenuhan populasi minimum di IKN bukan hal yang sulit untuk dipenuhi. Badan Otorita IKN memproyeksikan populasi di IKN dapat mencapai hampir 2 juta orang pada 2045.

Kedua, insentif untuk berinvestasi di IKN. Jokowi mengatakan pemerintah telah menyiapkan beberapa insentif fiskal bagi para investor, seperti Tax Holiday, Pajak Pertambahan Nilai yang tidak dipungut, Super Deduction Tax, dan pembebasan bea impor.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...