Puan Sebut AHY Masuk Radar Cawapres Ganjar, Koalisi Anies: Kami Setia

Ade Rosman
7 Juni 2023, 14:34
anies
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberikan keterangan pers di kantor Demokrat, Jakarta, Senin (3/4/2023).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani menyebut nama Ketua Umum  Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono masuk radar calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo. Hal itu disampaikan Puan berkaitan dengan penjaringan cawapres yang kini tengah berjalan di internal PDIP. 

"Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY ya, kan?" kata Puan di sela-sela agenda Rakernas PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (5/6).

Menanggapi pernyataan Puan tersebut, anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan posisi antara kedua partai saat ini berbeda. Meski begitu ia menghormati dinamika yang terjadi di internal PDIP. 

“Masuk radar terima kasih, tapi Partai Demokrat ada di koalisi KPP. Kami beda posisi,” kata Syarief seperti dikutip Rabu (7/6). 

Syarief menegaskan, saat ini Partai Demokrat tetap berada dalam jajaran partai politik pendukung Anies Baswedan di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Koalisi perubahan telah menyerahkan penentuan cawapres pada Anies. 

Di sisi lain, Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengatakan pernyataan Puan tersebut menunjukkan KPP diperhitungkan pihak lainnya. Ia optimistis pernyataan Puan tak akan menggoyahkan koalisi pendukung Anies. 

“Menunjukkan Mas AHY memang pemimpin berkualitas, dan itu menunjukkan KPP memang diperhitungkan banyak pihak,” kata Mardani. 

Adapun, saat ini selain Partai Demokrat dan PKS, Partai Nasdem juga menjadi partai politik pengusung mantan Gubernur DKI Jakarta itu dalam kontestasi Pilpres 2024. Hingga kini, Anies sendiri belum mengumumkan siapa bakal calon wakil presiden pendampingnya nanti.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...