Indonesia di Peta Kendaraan Listrik Dunia

Tingginya penetrasi kendaraan listrik di berbagai negara didukung berbagai kebijakan yang mumpuni.
Image title
Oleh Arofatin Maulina Ulfa - Tim Publikasi Katadata
2 Juli 2021, 08:46

Dibandingkan dengan negara lain, penggunaan kendaraan listrik Indonesia masih relatif kecil dan berpotensi untuk ditingkatkan. Data Statista menyebutkan, Uni Eropa menjadi kawasan dengan pengguna kendaraan listrik terbanyak pada 2020 dengan jumlah mencapai hampir 1,4 juta unit. Adapun Tiongkok berada di urutan kedua dengan jumlah 1,3 juta unit.

Sementara itu, Indonesia masih harus mengejar ketertinggalan dan meningkatkan penetrasi kendaraan listrik. Pasalnya, hingga September 2020, jumlah kendaraan listrik di Indonesia baru mencapai 2.279 unit. Jumlah tersebut berasal dari kendaraan listrik yang tercatat dalam Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT).

Kendaraan listrik mulai banyak digunakan di berbagai negara dengan tujuan mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencapai titik karbon netral di masa mendatang. Tingginya penetrasi kendaraan listrik di berbagai negara didukung berbagai kebijakan mumpuni, seperti pemberian insentif fiskal dan non fiskal, hingga konversi transportasi publik menggunakan kendaraan listrik.

Penggunaan kendaraan listrik dunia pada 2020 tercatat sebesar 8,5 juta unit. Jumlah ini diproyeksikan terus meningkat hingga mencapai 116 juta unit pada 2030. Itu artinya terdapat kenaikan permintaan sebesar 1.400 persen dalam satu dekade.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.