Insentif Fiskal Berbasis Ekologi Dukung Pembangunan Tanah Papua

Insentif fiskal berbasis ekologi digulirkan guna mendukung pembangunan hijau di Tanah Papua.
Image title
Oleh Melati Kristina Andriarsi - Tim Publikasi Katadata
22 November 2021, 18:18

Insentif fiskal berbasis ekologi diterapkan di Tanah Papua guna meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus menjaga keletarian lingkungan. Adapun program insentif fiskal tersebut terdiri dari Transfer Anggaran Nasional Berbasis Ekologi (TANE), Transfer Anggaran Provinsi Berbasis Ekologi (TAPE), serta Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologi (TAKE).

Skema transfer fiskal TANE berasal dari dana insentif daerah dan perlindungan lingkungan, sedangkan TAPE berasal dari bantuan keuangan provinsi. Untuk TAKE, dana insentif berasal dari bantuan keuangan kabupaten terkait alokasi dana desa.

Saat ini, TAPE dan TAKE sudah diterapkan dengan baik di Tanah Papua, sementara TANE masih belum diterapkan. Adapun alur TAPE dan TAKE bermula dari pemantauan dan evaluasi, penyusunan konsep transfer fiskal berbasis ekologi, koordinasi di tingkat daerah, kemudian pembentukan lembaga dan pelaksanaan.

Kabupaten Jayapura merupakan salah satu kabupaten yang berhasil menerapkan TAKE. Manfaat TAKE bagi kabupaten tersebut antara lain pemenuhan layanan dasar, penanggulangan kemiskinan kampung, peningkatan ekonomi masyarakat, serta perlindungan lingkungan hidup.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.